Tidak Boleh Kendur

H Nazrin, Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim

Tak ada penambahan kasus positif baru Covid-19 pada Kamis (7/5/2020). Namun kewaspadaan masyarakat bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di semua wilayah tidak boleh kendur.

Pasalnya, jumlah Pasien Dengan Pengawasan (PDP) masih bertambah. Dari rekapitulasi semua kabupaten dan kota terjadi penambahan PDP sebanyak 20 orang.

"Jumlah PDP hingga laporan kemarin 636 orang. Ada penambahan 20 orang. Jadi, meski hasil laboratorium belum ada penambahan, masyarakat dan Tim Gugus Tugas tidak boleh lengah. Tidak boleh kendur dalam kewaspadaan," kata H Nazrin, Kepala Biro Ekonomi Setdaprov Kaltim yang dipercaya menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim, Jumat (8/5/2020).

Sebab lanjut Nazrin, jika dilihat dari pergerakan kasus Covid-19, tidak adanya penambahan kasus positif, bersamaan juga dengan tidak adanya penambahan pada kasus negatif.

"Sementara PDP yang masih menunggu hasil laboratorium berjumlah 216 orang. Bisa negatif, tapi bisa juga positif. Harapan kita ya semuanya negatif," ucap Nazrin.

Upaya terbaiknya, kata Nazrin,  adalah menghentikan penambahan PDP dan ODP (Orang Dalam Pemantauan). Sehingga tenaga medis bisa lebih fokus dengan upaya penyembuhan pasien-pasien yang ada.

Caranya, dengan mengikuti anjuran pemerintah, tetap stay at home, tidak bepergian, menggunakan masker jika terpaksa harus keluar rumah, tetap menerapkan sosial dan physical distancing, rajin mencuci tangan dengan sabun di air yang yang mengalir, serta meningkatkan imunitas dengan konsumsi makanan bergizi.

"Sedangkan Tim Gugus Tugas di kabupaten dan kota terus melakukan penjagaan di pintu masuk masing-masing daerah," tutup Nazrin. (sul)

Berita Terkait