Tim Mupen On The Road BKKBN Lintasi Tiga Provinsi

Targetkan Pelajar Jadi Generasi Berencana

SAMARINDA - Tim Mupen On The Road dari Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kaltim dilepas Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Kaltim Bere Ali di depan Kantor Gubernur Kaltim, Minggu (29/11). 

Rombongan ini akan memulai perjalanan dari Samarinda menuju Balikpapan dan Kabupaten Paser hingga ke Batu Licin di Kalimantan Selatan dan akan berakhir di Pontianak, Kalimantan Barat. Event ini akan berlangsung dari tanggal 29 November hingga 9 Desember nanti. 

Sebanyak 25 anggota BKKBN yang ikut dalam kegiatan ini akan mensosialisasikan program-program yang berkaitan dengan masalah kependudukan, khususnya program Generasi Berencana (GenRe) kepada para remaja di sekolah-sekolah yang ada di kota-kota tujuan rombongan. GenRe merupakan program yang memfasilitasi remaja agar belajar memahami dan mempraktikan perilaku hidup sehat dan berakhlak untuk mencapai ketahanan remaja.

“Sudah saatnya bagi remaja, khususnya pelajar untuk ikut memahami pentingnya mencegah ledakan penduduk. Dengan GenRe, remaja bisa tahu bagaimana cara menjaga diri, juga usia pernikahan yang tepat, sehingga dapat menjaga keseimbangan jumlah penduduk,” kata Bere Ali.

Saat ini, Bere melanjutkan keterbukaan informasi di internet yang bisa diakses kapan saja, bisa berdampak buruk bagi anak muda.

“Karena itulah, ketika mereka telah mengetahui pentingnya membentengi diri, seterbuka apapun informasi yang diterima, mereka tetap bisa menjadi generasi yang maju di masa depan,” tegasnya.

Mupen On The Road tahun ini memang menyasar para remaja dengan beberapa agenda menarik yang akan diberikan saat sosialisasi. Seperti nonton bareng, sosialisasi bersama ke Puskesmas-Puskesmas dan berbagai kegiatan di sekolah. Minggu malam, sesampainya di Batu Kajang, Kabupaten Paser, tim Mupen On The Road Kaltim akan mengadakan acara nonton bareng bersama masyarakat di Puskesmas Batu Kajang.

“Paginya (hari ini), tim akan menuju SMP 1 Batu Kajang untuk mensosialisasikan program GenRe ini kepada para siswa di sana,” sebut Ali Mahfudz, Kepala Event Organizer dari BKKBN yang bertanggung jawab atas acara tersebut.

Sebelum agenda Mupen On The Road ini terlaksana, BKKBN telah mengadakan Jambore Pusat Informasi Konseling (PIK) untuk Remaja dan Mahasiswa se-Kaltim guna menyiapkan jaringan bagi para remaja mengenai masalah kependudukan dan keluarga berencana.

“Kita memang telah aktif mengajak pelajar dan mahasiswa agar program kami bisa menyentuh seluruh lapisan masyarakat, tidak hanya orang-orang tua saja,” tegasnya. 

Ali berharap, setelah pulang dari acara puncak Mupen On The Road yang akan berlangsung di Pontianak, masyarakat yang menjadi sasaran sosialisasi bisa bersama-sama dengan BKKBN dan pemerintah daerah setempat mengatasi masalah kependudukan di daerah masing-masing agar tercipta kesehjahteraan yang merata. (aka/sul/hmsprov)

Berita Terkait
Government Public Relation