Kalimantan Timur
Tim Nusantara Sehat Tingkatkan Pelayanan Kesehatan


SAMARINDA - Dinas Kesehatan Kaltim terus melakukan peningkatan sumber daya kesehatan pada daerah perbatasan dan daerah terpencil dengan pelayanan kesehatan primer di Puskesmas,  baik itu dilakukan pemerintah kabupaten/kota, provinsi maupun dari  pemerintah pusat berupa penempatan program Tim Nusantara Sehat.

Program  tersebut  merupakan sebuah upaya pemerintah dalam  peningkatan pelayanan kesehatan mencakup preventif, promotif dan kuratif dengan melibatkan lima  sampai delapan  tenaga kesehatan yang akan ditempatkan di daerah perbatasan, pedalaman dan pulau terluar Kaltim.

"Tim Nusantara Sehat  di Kaltim tahun ini ada penambahan satu tim. Sekarang sudah ditempatkan  di Pulau Derawan (Kabupaten Berau)  sejak 3 Juni 2016 lalu. Diharapkan keberadaannya  dapat  memotivasi petugas kesehatan dan masyarakat  sekitar Derawan untuk meningkatkan kegiatan  pelayanan kesehatan terutama preventif dan promotif dalam peningkatan kesehatan masyarakat," kata  Kepala Dinas Kesehatan Kaltim dr Rini Retno Sukesi, Senin (13/6).  

Program Tim Nusantara Sehat ini,  jelas Rini Retno,  merupakan salah satu program terobosan pemerintah di bidang kesehatan yang mendayagunakan secara khusus tenaga kesehatan berbasis tim dalam kurun waktu tertentu dengan jumlah dan jenis tertentu. 

Program ini bertujuan meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan pada fasilitas pelayanan kesehatan di daerah tertinggal, perbatasan, kepulauan dan daerah bermasalah kesehatan dengan prioritas utama untuk mendekatkan akses terhadap layanan kesehatan, khususnya layanan kesehatan primer sebagai garda terdepan penjaga kesehatan masyarakat.

Puskesmas sebagai garda terdepan dalam sistem kesehatan nasional, memiliki fungsi amat strategis sebagai penjaga gawang kesehatan masyarakat. Puskesmas adalah sentra edukasi masyarakat untuk menumbuhkan pengetahuan hidup bersih dan sehat.

"Sebelumnya, Kaltim sudah mendapatkan  tiga Tim Nusantara Sehat yang  ditempatkan di Puskesmas Long Pahangai,  Puskesmas Long Apari  (Kabupaten Mahakam Ulu) dan Puskesmas  Pulau Maratua (Kabupaten Berau). Diharapkan dengan adanya penambahan satu Tim Nusantara Sehat di Pulau Derawan dapat memperkuat peran Puskesmas sebagai garda terdepan fasilitas kesehatan kita," kata Rini. (mar/sul/es/humasprov)

Berita Terkait