Tol Balsam Awal Dibuka, Gratis

dok.humas

SAMARINDA - Momentum pengoperasian Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) yang akan diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) Maret tahun depan dipastikan sangat ditunggu masyarakat Benua Etam Kalimantan Timur (Kaltim).

Namun demikian, apakah gratis. Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor mengatakan, di mana-mana awal dibuka pasti gratis. Selanjutnya tentu bayar. Karena, biaya dari distribusi itu juga akan kembali ke negara.

"Semua orang tahu. Kalau awal dibuka jalan tol pasti gratis," ucap Isran Noor ketika menjawab pertanyaan wartawan di Kantor Gubernur Kaltim, Jalan Gajah Mada Samarinda, Kamis (5/12/2019).

Bagi Isran, Pemprov Kaltim hanya menunggu kapan beroperasi jalan tersebut. Karena pembangunannya menjadi tanggungjawab pemerintah pusat dengan kontraktor yang telah ditunjuk. 

Saat ini diakuinya masih ada kontruksi tanah yang masih dikerjakan. Sehingga diharapkan awal tahun bisa dilakukan uji coba dan Maret bisa dioperasionalkan atau diresmikan Presiden.

"Dari Pemprov tidak ada arahan. Yang jelas masih tetap dikerjakan sampai tuntas hingga nanti bisa diresmikan Presiden Joko Widodo," jelasnya.

Meski demikian, Gubernur Isran mengaku pernah meninjau jalan bebas hambatan itu. Baginya, kontruksinya tidak berbeda dengan jalan tol di Pulau Jawa maupun Jakarta.(jay/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait