Toleransi Agama Harus Tetap Dipelihara


 

Gubernur Hadiri Ibadah Natal GPIB

SAMARINDA- Perayaan Natal 2016 di seluruh wilayah Kaltim berjalan aman dan lancar penuh khidmat, hal itu berkat  terpeliharanya kondisi keamanan yang kondusif oleh seluruh lapisan masyarakat Kaltim.

Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak mengatakan kondisi keamanan yang kondusif seperti sekarang ini harus tetap dipertahankan dan ditingkatkan dengan selalu menjaga  persatuan dan kesatuan, menjaga  kebersamaan, melaksanakan toleransi antar agama, maupun menjaga kekompakan antar suku.

"Oleh karena itu, mari kita jaga kerukunan antar umat beragama, dan diminta seluruh agama hilangkanlah pemikiran-pemikiran yang radikal, yang menjadi bibit-bibit didalam tindakan anarkis yang terjadi diseluruh dunia," pesan Awang Faroek Ishak pada acara Ibadah Natal Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat ( GPIB) Jemaat Immanuel Samarinda, di GOR Segiri Samarinda, Rabu (28/12).

Dikatakan ibadah Natal 2016 dapat dijadikan momentum lahirnya persatuan bangsa, khususnya persatuan di daerah Kaltim, dengan tetap menjaga  dan memelihara spirit Bhinneka Tunggal Ika serta memperkuat persaudaraan dan cinta tanah air.

Gubernur juga meminta seluruh jemaat GPIB,  untuk  menghormati dan melaksanakan  empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara, yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI (negara kesatuan republik Indonesia) dan Bhinneka Tunggal Ika.

"Apabila kita mengamalkan empat pilar kehidupan berbangasa dan bernegara ini didalam kehidupan sehari-hari, perdamaian sejati dan kecintaan kita kepada bangsa akan terjadi," kata Awang Faroek.

Gubernur juga mengajak seluruh masyarakat Kaltum untuk tetap bekerja keras, bahu membahu, dan tumbuhkan sikap solidaritas, bergotong royong untuk bersama-sama pemerintah membangun daerah, untuk menjadikan Kaltim yang maju,  mandiri dan penuh kepribadian.

"Saya mengajak kembali bahwa sesungguhnya masyarakat Indonesia khususnya Kaltim itu bersaudara, karena itu diajak bersama-sama untuk terus saling melindungi, saling membantu  serta saling menghormati dengan meningkatkan kerukunan umat beragama," pesan Awang Faroek.(mar/humasprov)

Berita Terkait