Tulang Punggung Wujudkan Swasembada Pangan

SAMARINDA -  Sesuai target pembangunan dan pengembangan pertanian dalam arti luas nasional pada tahun 2017, swasembada pangan Indonesia sudah harus tercapai. Karenanya, pemerintah merasa perlu terus meningkatkan kemampuan dan kualitas baik secara kelembagaan maupun sumber daya manusia (SDM) para pelaku utama.

“Pelaku utama terdiri penyuluh, petani dan nelayan termasuk pelaku usaha terus kami tingkatkan kemampuan dan kualitasnya. Mereka andalan dan tulang punggung kita dalam mewujudkan swasembada pangan,” kata Kepala BKPP Kaltim H Fuad Asaddin, pekan lalu.

Target-target pembangunan dan pengembangan dalam kegiatan pertanian sudah ditetapkan pemerintah melalui kebijakan Presiden Joko Widodo, khususnya pencapaian swasembada pangan.

Kaltim lanjut Fuad, sebagai salah satu daerah yang memiliki keunggulan kewilayahan didukung luasan dan potensi lahan yang besar. Tentu ujarnya, sangat potensial untuk pengembangan pertanian.

Namun, komitmen yang besar dan sinergitas yang tinggi satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait di tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota harus semakin dikuatkan.

“Terlebih komitmen dan tekad para kepala daerah yang memiliki kebijakan untuk mendukung pengembangan kegiatan pertanian di wilayah mereka. Utamanya, meningkatkan kemampuan dan kulitas pelaku utama agar lebih berdaya saing,” jelas Fuad.

Dia menyebutkan beberapa komoditas yang terus dipacu untuk mewujudkan swasembada pangan yakni beras, jagung, kedelai, daging sapi serta ikan. (yans/sul/hmsprov)  

Berita Terkait