Unmul Pendaftar Terbanyak Beasiswa Kaltim Cemerlang

SAMARINDA- Mahasiswa Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda dinilai paling banyak menerima program Beasiswa Kaltim Cemerlang setiap tahunnya. Bila dipresentasekan, 30 hingga 40 persen dari 30 ribu penerima tersebut berasal dari Unmul.   Hal ini disampaikan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak di Rektorat Unmul saat kuliah perdana Double Degree antara Unmul dengan Chulalongkorn University Thailand.     

Menurut dia, dari 31.000 kuota Beasiswa Kaltim Cemerlang, yang masuk ke Unmul, yakni 900 orang Strata 1 (S1) kategori stimulan, 900 S1 Kedokteran dan 22 Dosen Kedokteran, 20 S2, dan 10 orang S3. Jumlah itu ditambah dengan program baru dari Pemprov Kaltim berupa beasiswa khusus untuk 100 orang doktor.  

“Jumlah tersebut belum termasuk program peningkatan kompetensi guru yang dilakukan Pemprov Kaltim melalui Disdik Kaltim setiap tahun. Sebab, hampir sebagian besar guru-guru di Kaltim melanjutkan pendidikannnya di Unmul,” kata Awang Faroek Ishak di Samarinda, Senin (4/2).  

Dijelaskan, kondisi itu bukan karena Gubernur Kaltim saat ini adalah sebagai orang Unmul atau Ketua Tim Pengelola Unmul. Tetapi, karena jumlah pendaftarnya memang banyak berasal dari Unmul daripada perguruan tinggi yang lain.  

Sementara itu, Staf Ahli Gubernur Bidang Pendidikan dan Kebudayaan Dr Bohari Yusuf mengatakan terkait perkembangan jumlah pendaftar program beasiswa tersebut bisa dilihat secara online melalui website Beasiswa Kaltim Cemerlang 2013 (http://www.beasiswa-kaltim.org). 

“Sejak dilaunching Gubernur Kaltim Awang Faroek pada 19 Januari 2012 tercatat sudah 11.064 orang yang melakukan registrasi secara online. Ini menunjukkan, bahwa banyak putra-putri daerah yang berupaya untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Tetapi, yang menjadi sasaran kami adalah mahasiswa berprestasi  dan berasal dari keluarga kurang mampu,” jelasnya. (jay/hmsprov)

Berita Terkait