Kalimantan Timur
Wagub Berharap SMK Menjalin Kerjasama DuDi

Foto : S. Syaiful Al Qadrie

SAMARINDA - Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi mengatakan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) negeri maupun swasta wajib menjalin kerjasama dengan Dunia Usaha atau Dunia Industr (DuDi). Hal itu sangat penting karena SMK tidak bisa berjalan sendiri untuk mempersiapkan lulusan yang siap kerja dan  profesional. 

.

“Kita apresiasi atas kerjasama SMK Negeri 11 Samarinda dengan 23 DuDi. Tapi tidak hanya ini, karena ada puluhan SMK dan DuDi di Kaltim dan khususnya Samarinda. Diharapkan bisa menjalin kerjasama, sebab itu kewajiban dan pihak sekolah maupun DuDi saling menguntungkan,”  kata Hadi Mulyadi usai menghadiri penandantanganan surat kesepakatan kerjasama Momerandum of Understanding (MoU) antara SMK Negeri 11 Samarinda dan 23 DuDi Tahun 2020 di Halaman SMK Negeri 11 Samarinda, Kamis (27/2/2020).

.

Hadi  Mulyadi menjelaskan kerjasama antara pihak sekolah (SMK) dengan DuDi, maka peserta didik di SMK akan memperoleh pengalaman yang sangat berharga, sebagai persiapan memasuki dunia kerja. Dengan demikian, lulusan SMK akan memiliki kesempatan meraih kerja yang lebih baik.

.

“Kita mengimbau dunia usaha dan dunia industri serta SMK dapat saling bekerjasama dan bersinergi. Sehingga lulusan SMK memiliki kemampuan dan kualifikasi memadai khususnya dalam membangun ibu kota negara (IKN) baru di Kaltim,” ungkap Hadi Mulyadi. 

.

Sementara Kepala SMKN 11Samarinda Tri Raharjo menyebutkan ada 23 DuDi  yang melakukan kerjasama dengan pihaknya dan kerjsama ini pada prinsipnya SMKN 11 akan saling membantu, mengisi dan melengkapi serta saling menguntungkan. 

.

“SMK kami ada tujuh jurusan. Para siswa sangat terbantu dalam peningkatan skill. Khususnya jurusan otomotif  juga jurusan lainnya. Kerjasama ini siharapkan dapat terus berlanjut bukan saja di tahun 2020. Tetapi tahun-tahun mendatang dalam upaya menciptakan lulusan andal dan profesional," harap Tri Raharjo.(mar/her/yans/humasprov kaltim)  

Berita Terkait