Wagub Hadi Tegaskan Bumi Perkemahan di Kaltim Harus Jadi

Foto : Adi Suseno

SAMARINDA - Demi menunjang pengembangan ibu kota negara (IKN) baru dan mendukung kualitas sumber daya manusia (SDM) di Indonesia khususnya Kaltim, maka keinginan Kwarda Pramuka Kaltim dan Pemprov Kaltim membangun Bumi Perkemahan berkelas dunia akan dibangun.

.

"Hal ini sudah saya sampaikan kepada Gubernur Kaltim Isran Noor. Beliau minta pembangunannya harus jadi," kata Wagub Kaltim H Hadi Mulyadi ketika memimpin rapat persiapan pembangunan Bumi Perkemahan Kaltim, di Ruang Tepian 1 Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (27/2/2020).

.

Hadi menilai pengembangan dan pembangunan Bumi Perkemahan sangat mendukung obyek wisata terpadu di Benua Etam. 

.

Artinya, terbangun kawasan tersebut maka akan ada tempat wisata maupun outbound bagi masyarakat secara umum.

.

"Kalau ini jadi, maka Bumi Perkemahan ini akan mengalahkan Bumi Perkemahan yang ada di Virginia. Bahkan bisa menjadi destinasi wisata Internasional," jelasnya.

.

Menjadi destinasi wisata Internasional, karena lokasi yang dibangun tepat di Hutan Tropika Humida, yaitu di wilayah Samboja Jalan Poros Samarinda-Balikpapan Km 56.

.

Apalagi, wisata hutan tropika humida yang paling bagus di dunia hanya ada dua, yaitu di Brasil dan Indonesia khususnya Kaltim.

.

"Itu karena iklim kita yang paling bagus. Semoga saja ini terwujud. Karena itu, untuk mengawali pengembangan ini dibangun masterplannya terlebih dulu," jelasnya.

.

Diketahui ada sekitar 75 hektar yang akan disiapkan untuk pengembangan Bumi Perkemahan tersebut.

 

Hadir Kepala BPKAD Kaltim M Sa'duddin, Kepala ESDM Kaltim Wahyu Widhi Heranata, Ketua Kwarda Pramuka Kaltim Hatta Zainal dan sejumlah pengurus Kwarda Pramuka Kaltim.(jay/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait