Wagub Lepas Bantuan Senilai Rp2,4 Miliar


SAMARINDA - Menggunakan tongkang Nobel Sea 235, bantuan senilai Rp2,4 miliar untuk korban bencana gempa dan tsunami Sulawesi Tengah dilepas Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi di Pelabuhan Samarinda, Sabtu (6/10).

Hadir dan ikut melepas keberangkatan bantuan ke Palu, Sigi, Donggaladan daerah terdampak lainnya , Danrem 091 ASN Brigjen TNI Irham Waroihan, Walikota Samarinda H Syaharie Ja'ang   dan Kapolresta Samarinda Kombes Pol Vendra Riviyanto serta Kepala BPBD Kaltim Frederik Bid.

Pada kesempatan itu,  atas nama Pemprov Kaltim, Wagub Hadi menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada jajaran  TNI dan Polri serta warga masyarakat Kaltim yang memiliki kepedulian besar terhadap korban bencana Sulteng.

Menurut dia, dukungan dan perhatian serta kepedulian seluruh elemen masyarakat sangat berarti terutama untuk mengurangi dan menghilangkan trauma sekaligus mempercepat pemulihan kesehatan dan psikis korban bencana.

92af7bbc_207e_44c8_9849_74ce6871667b

"Bantuan kepada korban bencana ini sebagai bentuk kepedulian dan toleransi beragama yang luar biasa. Seperti kepedulian yang ditunjukkan Warga Tionghoa Samarinda Peduli," katanya.

Hadi berharap bantuan terus diberikan agar warga Palu, Sigi dan Donggala merasa terkurangi permasalahan mereka pasca bencana gempa dan tsunami. "Dalam dua bulan ini semoga kebutuhan dasar masyarakat terpenuhi, sehingga kita bisa memberikan bantuan dalam bentuk lain seperti bahan bangunan untuk rumah, tempat ibadah bahkan sekolah," harapnya.

Kaltim sebagai provinsi terdekat tentu akan terus menyalurkan bantuan dimana telah ditranfer dana kepada pemerintah daerah setempat sekitar Rp2,5 serta pengiriman tenaga/relawan. Tongkang Nobel Sea 235 akan menempuh perjalanan selama dua hari dua malam. Berangkat pada Sabtu (6/10), bantuan diperkirakan tiba di Palu pada Senin (8/10).

Sementara itu Danrem 091 ASN Brigjen TNI Irham Waroihan menyebutkan bantuan dari Kaltim sudah dua kali pengiriman selain bantuan berupa barang  senilai Rp2,4 miliar. "Kapal pertama kita mengirim bantuan senilai Rp400 juta dan pengapalan kedua sekitar Rp500 juta. Jadi secara resmi mencapai Rp3,3 miliar dengan bantuan hari ini," ujarnya.

08c5ae15_2eb2_40e1_a063_8a92d7600a08


Dia menambahkan saat ini bantuan diprioritaskan pada bahan primer atau kebutuhan sehari-hari masyarakat, anak-anak, perempuan dan bayi. Misi Kemanusiaan ini merupakan kerja sama Pemda dan masyarakat Kaltim didukung Kodam VI Mulawarman dan Polda Kaltim.

Tampak Kepala Dinas Kominfo Kaltim Diddy Rusdiansyah, Kasi Log Korem 091 ASN Letkol Inf Erwin Ferdinad Barends, Kepala Satpol PP Kaltim Gede Yusa dan Plt  Karo Humas Setdaprov Kaltim Riawati.(yans/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation