Wagub Mencoblos di TPS 12 Balikpapan

Mukmin: Kalah atau Menang Harus Lapang Dada

BALIKPAPAN – Pesta demokrasi di pengujung tahun 2015 di Kaltim,  ada Sembilan daerah yang melaksanakan pemilihan kepala daerah,  baik bupati maupun walikota. Salah satunya di  Kota Balikpapan menggelar pemilihan walikota dan wakil walikota.

Dalam pesta demokrasi kemarin, Balikpapan diikuti tiga pasangan calon (Paslon) yakni pasangan Rizal Effendi dan Rahmad Mas’ud (nomor urut 1), Andi Burhanuddin Solong dan Abdul Hakim Rauf (nomor 2) serta Heru Bambang dan Sirajuddin (nomor 3). 

Kali ini Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim HM Mukmin Faisyal HP bersama istri (Hj Sarminah) menyampaikan hak suaranya di tempat pemunggutan suara (TPS) 12 yang berada di  lingkungan  RT 17 dan RT 55 Kelurahan Sumber Rejo Kecamatan Balikpapan Tengah.

Usai mencoblos, Mukmin Faisyal bertegur sapa dengan masyarakat sekitar TPS. Wagub mengimbau agar masyarakat menggunakan hak suara sebaik mungkin dengan datang ke TPS dan  memilih Paslon walikota/wakil walikota Balikpapan.

“Siapapun punya hak suara dan berhak memilih siapa saja yang diinginkan. Saya minta sekaligus berterimakasih kepada masyarakat yang telah sukarela datang ke TPS untuk menyalurkan hak suara,” kata Mukmin Faisyal, Rabu (9/12).

Terlebih penting lanjut Mukmin, masyarakat harus tetap menjaga kondusifitas dan keamanan daerah. Prilaku itu sebagai dukungan masyarakat terhadap penyelenggaraan pesta demokrasi yang damai, jujur dan adil.

Selain itu, tidak kalah pentingnya adalah setelah pelaksanaan pemilihan atau pencoblosan, tentu sudah mulai nampak hasilnya. Masyarakat harus tetap tenang dan menyerahkan sepenuhnya hasil akhir perhitungan suara.

“Masyarakat Balikpapan tidak terkecuali seluruh daerah di Kaltim yang telah melaksanakan Pemilukada, menyerahkan sepenuhnya kepada lembaga yang berwenang untuk melakukan perhitungan suara,” harapnya.

Walaupun hasil akhir terkadang kurang sesuai keinginan semua pihak. Namun itu merupakan hasil yang terbaik dari aspirasi rakyat dan hendaknya dihargai serta jangan mudah terprovokasi untuk melakukan hal-hal yang menggangu ketertiban umum.

“Kita semua harus bisa belajar berlapang dada. Artinya siapapun yang menang terlebih kalah maka harus menerima secara baik dan sabar. Kaltim ini sudah kondusif jadi jangan dikotori dengan provokasi dan konflik,” ujar Mukmin.

Wagub juga berharap agar para Paslon bisa menenangkan para pendukung agar tetap menjada semangat demokrasi yang dilaksanakan secara jujur, adil, bebas dan rahasia. Sehingga menghasilkan pemimpin yang mengayomi masyarakat dan memajukan daerah.

“Mari kita junjung semangat demokrasi ini. Paslon yang terpilih harus menjadi pemimpin yang adil dan bijaksana. Bagi yang kalah lapang dada dan mari bersama kita dukung berbagai program pembangunan demi kesejahteraan dan kemajuan daerah,” ajak Mukmin Faisyal.

Berikutnya, Wagub Mukmin Faisyal didampingi Walikota Balikpapan HM Rizal Effendi meninjau fasilitas quick real count Pemilukada Walikota/Wakil Walikota Balikpapan di Hotel News Benakutai.

Selanjutnya, Wagub dan Walikota Balikpapan beserta jajaran forum koordinasi pimpinan daerah melakukan video conference dengan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak di Kantor Balaikota Balikpapan. (yans/sul/es/humasprov).

///FOTO : Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP bersama Ny. Hj Sarminah Mukmin usai menyalurkan hak suara di TPS 12 Balikpapan.(syaiful/humasprov)

 

Berita Terkait