Wagub Minta PT ATM Jangan Kecewakan Jamaah


BALIKPAPAN- Wakil Gubernur HM Mukmin Faisyal HP meminta agar travel perjalanan tidak melakukan aksi tipu menipu dengan modus biaya perjalanan umroh murah. Sebaliknya, travel perjalanan harus bekerja secara profesional agar ibadah umroh para jemaah berjalan dengan baik. 

“Banyak masyarakat tertipu dengan tawaran ibadah umroh murah. Tapi nyatanya, mereka justru tidak bisa berangkat. Hal seperti ini tidak boleh terjadi di Kaltim dan masyarakat juga harus lebih berhati-hati dalam memilih travel. Jangan tertipu dengan harga yang murah. Akan lebih baik jika harganya murah, travelnya juga jujur dan profesional," kata Mukmin saat memberi sambutan pada Manasik Akbar dan Pembukaan Rakernas ke-I  PT Arafah Tamasya Mulia (ATM) di Aula Asrama Haji Balikpapan, Sabtu (9/14).

Secara khusus, Wagub Mukmin Faisyal memberikan apresiasi terhadap manajemen PT ATM yang bisa memberikan layanan yang baik  kepada jamaah umroh meski dengan biaya hanya sekitar Rp19 juta.  

“Sejak dini masyarakat harus mengetahui travel mana yang professional dalam bekerja dan bertanggungjawab kepada calon jamaah. Selain itu, mekanisme umrah diharapkan dapat dilaksanakan dengan baik. Misal, melaksanakan pelatihan manasik haji dan mengikuti pembekalan sebelum menunaikan ibadah umrah,” jelasnya.

Mukmin menegaskan, baru PT ATM yang dinilai sangat terbuka terhadap calon jamaah umrah. Karena itu, travel lain dapat mencontoh. Diharapkan, cara kerja manajemen travel tersebut betul-betul baik, sehingga jamaah yang menggunakan travel ini betul-betul ikhlas dalam beribadah.

Sementara terkait pelaksanaan Rakernas, Wagub Mukmin berharap agar kegiatan ini berjalan dengan baik dan tertib,  sehingga pelaksanaan program yang disusun benar-benar bernilai ibadah dan senantiasa mementingkan kepentingan sosial. Artinya, kepentingan masyarakat sangat diutamakan dalam melaksanakan program dari perusahaan ini.

Direktur Utama PT ATM, Hamzah Husain mengatakan April ini travel yang dipimpinnya akan memberangkatkan 162 jamaah umrah. Sedangkan total jamaah yang sudah diberangkatkan mencapai lebih 600 jamaah.

“Jika ada jamaah yang gagal melaksanakan umrah karena tertipu, silahkan datang ke kami. Travel ATM siap menampung. Dengan biaya Rp19 juta sudah bisa melaksanakan umrah, termasuk mengikuti pembekalan sebelumnya,” jelasnya.

Terpenting, program dari travel ini adalah dakwah dan sosial. Tidak hanya mengejar materi tetapi menyampaikan dakwah dan sosial, sehingga setiap jamaah betul-betul paham makna dari perjalanan umrah. Travel PT ATM juga memberikan doorprize umrah gratis kepada jamaah yang hadir. Undian dipilih Wagub Mukmin Faisyal. (jay/sul/hmsprov)

Berita Terkait