Wagub: Petugas Haji Harus Sabar dan Responsif

Jamaah Calon Haji Harus Dapat Pelayanan Terbaik

BALIKPAPAN–Setiap tahunnya Embarkasi Haji Balikpapan secara rutin memberangkatkan jamaah calon haji, dengan jumlah yang fluktuatif menyesuaikan  kuota yang diberikan oleh pemerintah pusat. Pada 2014 sebanyak 4.280 orang yang terbagi dalam 12 kloter dari Kaltim, Kaltara, Sulteng dan Sulut akan diberangkatkan dari Embarkasi Haji Balikpapan.

Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP mengatakan jamaah calon haji yang jumlahnya ribuan orang tentu membutuhkan pelayanan prima, baik pada saat karantina di Asrama Haji Batakan, Balikpapan, saat menjalankan ibadah haji di Tanah Suci, hingga sepulangnya ke tanah air.

Untuk itu, Mukmin meminta kepada Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Balikpapan agar dapat melayani seluruh kegiatan jamaah calon haji dengan baik. Mulai dari asupan makanan, akomodasi dan transportasi hingga pelayanan kesehatan harus benar-benar diperhatikan.

“Mereka ini para tamu Allah SWT. Mereka akan menunaikan ibadah haji sebagai rukun Islam yang kelima. Jadi mereka harus mendapatkan pelayanan terbaik. Apalagi petugas PPIH memiliki pengalaman bertahun-tahun melayani jamaah calon haji, sehingga bisa mengevaluasi dan membenahi untuk memberikan pelayanan yang terbaik,” kata Mukmin usai melepas 355 jamaah calon haji yang masuk kloter pertama Embarkasi Haji Balikpapan, di Aula Jabal Nur Asrama Haji Batakan, Balikpapan, Kamis (4/9).

Apalagi, menurut dia, pemerintah melalui Kementerian Agama telah memberikan jaminan terhadap penyelenggaraan dan pelayanan ibadah haji untuk tahun ini akan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Berdasarkan itu, tentunya petugas PPIH dapat mewujudkan keinginan pemerintah, untuk memberikan pelayanan terbaik kepada jamaah calon haji sehingga mereka dapat konsentrasi menjalankan ibadahnya.

“Ini penting. Jangan sampai ibadah mereka terganggu hanya karena masalah terlambat berangkat, penginapan yang jauh, tidak kebagian katering, atau masalah-masalah tak penting lainnya,” jelasnya.

Selain itu, ujar dia, untuk Kaltim, Pemprov telah menghibahkan Asrama Haji Batakan kepada Kementerian Agama. Untuk itu, dengan sejumlah fasilitas yang ada pada lahan seluas 84.000 hektare, hendaknya petugas PPIH benar-benar dapat mengoptimalkannya, agar jamaah calon haji yang di karantina merasa betah dan puas dengan pelayanan yang ada.

“Pelayanan haji di Kaltim semakin tahun semakin membaik. Namun harus lebih ditingkatkan lagi,” ujarnya. (her/sul/hmsprov)

Foto :Wagub Mukmin Faisyal HP menyampirkan selembar kain kepada petugas haji saat meresmikan keberangkatan calon jemaah haji kloter pertama di Asrama Haji Batakan, Balikpapan. (fajar/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation