Wagub Resmikan 10 Proyek

Kunker Wagub ke Bontang

BONTANG–Dalam rangkaian kunjungan kerja ke Kota Bontang, Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP berkesempatan meresmikan 10 proyek yang terkait langsung dengan pelayanan dan memenuhi kebutuhan dasar masyarakat.

Kesepuluh proyek yang diresmikan Wagub dalam kegiatan pembangunan Kota Bontang tersebut yakni Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Belimbing, Water Treatment Plant Berbas Tengah, Gedung Graha Pemuda, Kantor Kelurahan Gunung Elai, Kantor Kelurahan Telihan, Gedung Autis Center, Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Komunal, Taman Mangrove Berbas Pantai, Balai Pertemuan Umum (BPU) Kelurahan Kanaan dan Rumah Adat Toraja.

Menurut Mukmin Faisyal, diresmikannya 10 kegiatan pembangunan ini menggambarkan pembangunan di Bontang semakin maju dan terus berkembang yang pada gilirannya seluruh masyarakat akan  menikmati hasil-hasil pembangunan menuju kemakmuran dan kesejahteraan.

“Saya bersama Gubernur Awang Faroek Ishak tidak henti-hentinya mengimbau pemerintah dan masyarakat Bontang juga seluruh bupati/walikota beserta masyarakat Kaltim untuk terus berupaya meningkatkan pembangunan di berbagai bidang,” ujar Mukmin, Sabtu (11/10).

Dihadapan para walikota regional Kalimantan serta forum koordinasi pimpinan daerah dan tokoh serta masyarakat Bontang, mukmin kembali mengingatkan sumber daya manusia (SDM) dan potensi sumber daya alam (SDA) yang dimiliki dapat didayagunakan dan diolah semaksimal mungkin.

Mukmin mengharapkan agar daerah mampu melakukan terobosan, menciptakan karya dan inovasi baru yang dapat mendukung bangkitnya perekonomian masyarakat terutama dalam menarik penanaman investasi baik dalam negeri (PMDN) maupun luar negeri (PMA).

Termasuk pengembangan sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar mampu bertahan dan berkompetisi terhadap krisis dan persaingan ekonomi global.             “Hendaknya daerah memberikan kemudahan perizinan, layanan cepat serta kepastian hukum,” harapnya.

Selain itu, Kaltim masuk dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) 2011-2025. “Kaltim telah ditetapkan sebagai salah satu dari enam Koridor Ekonomi Nasional. Saat ini sudah berjalan dan perlu dukungan kita semua,” jelasnya.

Proyek penting terkait MP3EI di Kaltim seperti pembangunan di sejumlah bidang infrastruktur seperti bandar udara, pelabuhan, jalan tol, jembatan, pendirian industri salah satunya Pabrik Pupuk Kaltim V di Bontang serta kelistrikan.

Dengan  demikian lanjut Mukmin secara otomatis seluruh wilayah kabupaten dan kota se-Kaltim termasuk Bontang segera mengarahkan program pembangunannya sesuai dengan program nasional tersebut.

“Bontang harus melakukan langkah cepat dan tepat untuk mendukung terwujudnya MP3EI berkaitan dengan pembangunan ke depan. Tidak terkecuali menggerakan iklim investasi agar lebih baik guna kemajuan daerah dan kesejahteraan rakyat,” ungkap Mukmin.

Wagub menambahkan Kaltim telah ditetapkan menjadi salah satu provinsi pengembangan klaster industri petrokimia berbasis gas dan kondensat di Bontang dan klaster industri oleochemical berbasis pertanian di KIPI Maloy Kutai Timur.

“Dengan keberadaan dua klaster industri ini ditambah klaster industri di Balikpapan (KIK Kariangau) didukung beberapa klaster di daerah lain di Kaltim akan memiliki masa depan yang lebih baik dalam pertumbuhan dan pengembangan perekonomian daerah,” tuturnya.

Sementara itu Walikota Bontang H Adi Dharma mengemukakan pembangunan 10 proyek tersebut merupakan langkah dan upaya pemerintah untuk melengkapi fasilitas milik daerah sekaligus memenuhi kebutuhan dasar masyarakat.

“Saat ini kota kami ini sudah berusia 15 tahun dan perlu adanya fasilitas yang memadai terutama dalam memenuhi kebutuhan dasar masyarakat. Baik listrik, air bersih serta fasilitas pelayanan publik maupun sarana umum lainnya,” ujar Adi Dharma.

Peresmian dan penandatangan prasasti dilakukan Wagub Mukmin Faisyal didampingi Walikota Bontang Adi Dharma dan Wakil Walikota Isro Umarghani serta tampak Ketua DPRD Kota Bontang beserta jajaran FKPD Kota Bontang. (yans/sul/hmsprov)

//Foto: KOTA TAMAN. Wagub Mukmin Faisyal didampingi Walikota Bontang menandatangani prasati peresmian 10 proyek kegiatan pembangunan Kota Bontang di PLTMG Belimbing Bontang.(masdiansyah/humasprov kaltim)

 

Berita Terkait
Government Public Relation