Wagub: Tumbuhkembangkan Sikap Saling Menghargai dan Menghormati

Pemprov Berkomitmen Menjaga Kerukunan Umat Beragama

MEDAN - Wagub Kaltim H Farid Wadjdy mengatakan menjaga kerukunan antar umat beragama menjadi satu komitmen terbesar Pemprov Kaltim dalam upaya menciptakan kehidupan bermasyarakat yang rukun, damai, aman dan tenteram di seluruh wilayah Kaltim.
"Menjaga kehidupan beragama yang harmonis, rukun dan damai di Kaltim menjadi komitmen terbesar Pemprov Kaltim. Banyak ilmu yang dapat kita serap dan adopsi dari hasil kunjungan kerja ke Medan ini, karena dengan kemajemukan yang ada namun kehidupan beragama disini terjalin dengan sangat baik," kata Farid disela kunjungan ke Masjid Raya Al Mashun bersama FKUB Kaltim, Selasa (8/10).
Farid menegaskan kerukunan umat beragama harus diwujudkan di Kaltim. Mengingat Kaltim juga dapat dikatakan sebagai miniatur Indonesia karena memiliki kemajemukan dan keberagaman etnis yang berasal dari seluruh Indonesia. Oleh karena itu, menurut Farid, jangan sampai hal-hal kecil dapat memicu terjadinya konflik horisontal.
"Sangat penting bagi kita untuk menjaga kerukunan hidup antar umat beragama di Kaltim demi terciptanya iklim pembangunan yang kondusif. Jangan sampai konflik-konflik kecil menciderai kerukunan hidup umat beragama di Kaltim," jelasnya.     Mewujudkan kerukunan tersebut, lanjut dia, diperlukan sikap saling menghargai dan menghormati antar umat beragama. Selain itu, peran dari pemuka agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat sangat strategis sebagai mitra pemerintah dalam kehidupan bermasyarakat.
"Kita harus tumbuhkembangkan sikap saling menghargai dan menghormati. Melalui FKUB yang berisikan perwakilan enam agama hendaknya dapat membangun, membina dan menjaga kerukunan antar umat beragama yang sudah terjalin dengan baik di Kaltim," harapnya. (her/hmsprov).

///FOTO : H Farid Wadjdy
 

Berita Terkait