Wagub Yakin Tes CPNS Kaltim Sukses

5.250 pelamar bersaing untuk 179 formasi

SAMARINDA - Tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemprov Kaltim 2014, resmi dimulai Jumat (24/10) kemarin. Jumlah pelamar yang memenuhi syarat (MS) dan berhak mengikuti tes sebanyak 5.250 orang dari keseluruhan pelamar 7.582 orang. Sebanyak  2.332 orang diantaranya dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) dan mereka tidak berhak mengikuti tes CPNS tahun ini. Mereka akan memperebutkan 179 formasi yang tersedia tahun ini.

Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP yang melakukan peninjauan sesaat sebelum pelaksanaan tes CPNS Pemprov Kaltim 2014 yang dilaksanakan di Gedung Assessment Center Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kaltim di Jalan Kartini Samarinda, mengaku sangat yakin tes CPNS Pemprov Kaltim tahun ini akan berlangsung lancar, transparan, objektif, akuntabel dan bebas dari isu korupsi kolusi dan nepotisme (KKN).

"Saya sudah berkeliling melihat pengaturan pelaksanaan tes CPNS ini. Menurut saya semua sudah dipersiapkan dengan sangat baik. Tempat tesnya cukup representatif, sejuk, nyaman dan teratur sehingga tidak ada celah yang dapat menganggu pelaksanaan tes CPNS tahun ini," kata Mukmin Faisyal didampingi Plt Sekpro Kaltim Dr Rusmadi.

Penerapan sistem computer assist test (CAT) dalam tes CPNS Pemprov Kaltim tahun ini memberi jaminan objektifitas penilaian setiap peserta. Sebab soal setiap peserta berbeda dengan peserta lain yang berada di sisi kiri dan kanan maupun depan dan belakangnya. Setiap peserta akan cenderung fokus untuk mengisi jawaban di komputer masing-masing karena mereka juga akan dibatasi dengan waktu tes.

Selain itu, penyiapan layar monitor skor peserta oleh panitia tes CPNS Pemprov Kaltim di luar gedung akan menegaskan objektifitas penilaian tes. Setiap keluarga peserta dapat melihat langsung pergerakan skor yang diperoleh peserta dari layar monitor yang disiapkan.

"Langkah ini merupakan salah satu upaya yang akan terus kita lakukan untuk bersama-sama membangun kepercayaan publik bahwa dengan sistem CAT ini, kita berusaha membuktikan sistem rekrutmen CPNS dilakukan secara bersih, transparan dan tanpa KKN. Hasil semua peserta bisa kita lihat bersama-sama dari layar monitor ini," tegas Mukmin.

Penerapan sistem ini lanjut Mukmin sangat tepat dalam upaya Pemprov Kaltim  menyiapkan aparatur pemerintahan yang mampu memberikan pelayanan terbaik sebagai abdi negara dan abdi masyarakat.  Rekrutmen pegawai Mukmin, bukan sekedar untuk memenuhi kebutuhan aparatur pemerintah. Oleh sebab itu, sangat diperlukan calon-calon aparatur orang yang cerdas dan memiliki kemampuan lebih dalam pelayan kepada masyarakat. 

"Pembangunan akan berhasil jika ditangani oleh orang-orang yang cerdas dan berkemampuan, memiliki pemikiran yang luas dan berakhlak mulia," kata Mukmin.

Kepada para peserta tes, Mukmin mengingatkan mereka agar dapat terus berkonsentrasi dan tidak lupa berdoa demi kesuksesan mereka. Sementara bagi yang belum berhasil nantinya, Wagub mengajak mereka bersabar dan pantang menyerah mencoba di kesempatan yang lain atau berkarya di bidang yang lain dan tidak harus di pemerintahan. (sul/hmsprov) 

//Foto: BERJALAN LANCAR. Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP menyapa para  peserta dalam mengikuti tes CPNS. (johan/humasprov kaltim).

 

Berita Terkait
Government Public Relation