Wujudkan Kaltim yang Aman dan Damai

Gubernur: TNI dan Polri Harus Tetap Solid

BALIKPAPAN–Suasana yang aman dan kondusif di Kaltim menjadi keunggulan tersendiri dari daerah lainnya di Indonesia. Utamanya dalam menarik minat investasi baik dari dalam maupun luar negeri. Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengatakan iklim kondusif dapat terjaga dan terpelihara dengan baik karena peran aktif jajaran TNI dan Polri bersama dengan forum-forum mitra pemerintah.

“Untuk terus menjaga dan memelihara keamanan dan ketertiban di wilayah Kaltim, hubungan baik dan harmonis antara eksekutif, legislatif, yudikatif, TNI dan Polri, swasta dan seluruh pemangku kepentingan termasuk masyarakat harus terus ditingkatkan. Kita ingin pembangunan di Kaltim berjalan sukses dan lancar. Suasana kondusif seperti inilah yang kita butuhkan untuk mendukung pembangunan tersebut,” kata Awang Faroek dalam dua momen berbeda, yakni Pisah Sambut Pangdam VI Mulawarman dari Mayjen TNI Dicky Wainal Usman kepada Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono dan Pisah Sambut Kapolda Kaltim dari Irjen Pol Dicky D Atotoy kepada Irjen Pol Andayono, di Hotel Gran Senyiur, Balikpapan.

Awang Faroek menjelaskan selama ini di Kaltim, Pemprov bersama dengan jajaran TNI dan Polri serta didukung dengan keberadaan lima forum sebagai mitra pemerintah, telah berhasil menjaga stabilitas keamanan sehingga suasana di Kaltim sangat kondusif. Hal ini juga sangat berpengaruh terhadap iklim investasi dan keberlangsungan pelaksanaan pembangunan.

Kelima forum tersebut, yakni Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Forum Komunikasi Pembauran Kebangsaan (FKPK), Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) dan Forum Komunikasi Pengusaha (FPKP).

“Belajar dari konflik masyarakat di Tarakan, Balikpapan hingga Kutai Barat, keberadaan lima forum ini sangat membantu pemerintah dalam penanganan konflik. Begitu juga untuk pencegahan secara dini di masyarakat. Demikian halnya peran TNI dan Polri, sangat penting dan strategis dalam menjaga stabilitas keamanan di wilayah Kaltim,” jelasnya.

Dengan adanya pergantian pimpinan Kodam VI Mulawarman dan Kapolda Kaltim, Awang Faroek berharap hubungan harmonis yang telah terbina dapat dilanjutkan dan lebih ditingkatkan lagi. Sehingga Kaltim menjadi semakin aman dan kondusif yang tentunya dapat menjamin dan lebih menarik minat investor untuk menanamkan modalnya di Kaltim.

“TNI dan Polri harus tetap solid dan terus memberikan dukungan kepada pemerintah dalam pelaksanaan program pembangunan guna mewujudkan Kaltim yang damai, maju dan sejahtera,” harapnya. (her/sul/hmsprov)

Berita Terkait
Government Public Relation