Wujudkan Kemandirian Pangan Perlu Dukungan Semua Pihak

 

SAMARINDA-Untuk merealisasikan kemandirian pangan di Kaltim 2018,  tentu perlu didukung sarana dan prasanana bidang pertanian, baik infrastruktur jalan pertanian, irigasi dan sumber daya manusia petani. Hal penting lain yang juga sangat dibutuhkan adalah dukungan semua pihak. 

"Perwujudan kemandirian pangan di Kaltim merupakan upaya kompleks yang memerlukan dukungan semua pihak, mulai hulu sampai hilir yang saling berkaitan dengan pertanian dalam ati luas," kata Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluh (BKPP)  Kaltim H Fuad Asaddin usai mengikuti seminar dan diskusi tentang peluang dan tantangan terwujudnya swasembada pangan Kaltim 2018 yang dilaksanakan di Ruang Tepian 1 Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (20/9).

Ditambahkan, Kaltim memiliki kekayaan sumber hayati yang dapat diandalkan, banyak tumbuh-tumbuhan maupun hewani yang dapat dijadikan sumber pangan. Sayangnya, hingga kini sebagian pangan Kaltim masih dipasok dari luar daerah dan ini merupakan tantangan bagaimana hal itu bisa dihentikan dengan kemandirian pangan sendiri.

"Karena itu, Pemprov Kaltim melalui  BKPP  dan dinas terkait bersama semua pihak terus berupaya melaksanakan pengembangan potensi pangan menuju kemandirian pangan," ujarnya.

Untuk pencapaian tersebut, lanjut Fuad mengharapkan kepada para pemangku kepentingan di jajaran pertanian, swasta dan masyarakat untuk berkomitmen bersama  melalui  berbagai cara dan mekanisme demi merealisasikan kemandirian pangan di Kaltim.

"Komitmen  dan kerjasama semua pihak termasuk kabupaten/kota bisa dilakukan dengan langkah-langkah nyata dengan pengembangan dan perluasan areal tanam," tegasnya.

Ditambahkan, potensi pangan yang bisa dikembangkan tentunya bukan hanya padi, jagung, kedelai, ubi kayu daging sapi dan ikan, tetapi masih banyak lagi potensi lainnya yang bisa digali dan menjadi alternatif pengembangan.

Untuk itu, melalui seminar yang telah dilakukan  banyak informasi dan masukan yang terhimpun dari berbagai sumber dalam pengembangan potensi pangan Kaltim yang bisa diandalkan untuk kemandirian pangan dan itu bisa terwujud apabila ada dukungan dan partisipasi semua pihak. (mar/sul/es/humasprov)

Berita Terkait