Menkes RI Resmikan Stroke Center AFI

SAMARINDA - Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Djuwita Farid Moeloek pada Senin (11/9) meresmikan gedung Instalasi Stroke Center Awang Faroek Ishak (AFI) di RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda. Menkes menilai pembangunan gedung instalasi stroke ini sangat tepat karena sudah terjadi pergeseran, dari penyakit menular menjadi tidak menular.

"Saya sangat bangga, Gubernur Kaltim sangat konsen dengan kesehatan. Saat ini telah terjadi pergeseran penyakit menular menjadi tidak menular. Dengan adanya pergeseran itu, dibangunnya stroke center ini sudah sangat tepat. Apalagi, ditambah dengan dibangunnya radio terapi dan instalasi laboratorium," kata Meskes Nila Moeloek usai meninjau gedung instalasi laboratorium dan Instalasi Stroke Center AFI RSUD Abdul Wahab Sjahranie, Senin (11/1).

Nila menambahkan, Kementerian Kesehatan tetap memberikan dukungan melalui APBN untuk pembangunan kesehatan Kaltim. 

"APBN ada untuk Kaltim. Kami akan dukung itu. Tapi, dukungan APBN juga perlu dana pendamping dari APBD Kaltim. Apalagi, Pemprov Kaltim telah menargetkan memberikan anggaran minimal 10 persen dari APBD. Saya salut dengan Pemprov Kaltim," katanya.

Sementara itu, Gubernur Awang Faroek Ishak dalam sambutannya mengatakan pembangunan gedung instalasi laboratorium dan Instalasi Stroke Center Awang Faroek Ishak ini adalah bagian dari upaya Pemprov Kaltim untuk meningkatkan pembangunan di bidang kesehatan dengan tujuan menciptakan derajat kesehatan yang optimal, khususnya dalam hal memberikan layanan kesehatan di rumah sakit secara optimal.

"Keberadaan gedung instalasi stroke center di RSUD AWS Samarinda sangat penting. Apalagi, peralatan yang canggih dapat berfungsi untuk mengobati kanker dengan terapi menggunakan radiasi dari energi radioaktif yang sangat efektif dibanding dengan kemoterapi," katanya.

Awang menambahkan, fasilitas lainnnya untuk operasi di RSUD AWS sudah cukup memadai. Laser dan monitor sebagai fasilitas operasi sudah tersedia untuk dapat mencover keperluan operasi ortopedi, bedah saraf, kanker dan lainnya.

Instalasi Stroke Centre Awang Faroek Ishak merupakan pelayanan intensif untuk kasus stroke. Stroke Centre AFI ini akan memberikan pelayanan secara komprehensif dengan kolaborasi spesialis dan dikomandani oleh dr spesialis saraf.

Stroke Centre AFI ini memiliki kapasitas 23 tempat tidur (18 tempat tidur non VIP dan 5 VIP). Stroke centre dilengkapi dengan fasilitas penunjang untuk pasien pada proses pemulihan pasca stroke seperti terapi wicara, occupational terapi, fisioterapi gymnasium, kolam renang dan hidroterapi.  (rus/sul/es/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation