12 Tim Sepakbola ISL Akan Berlaga Perebutkan Piala Gubernur

Meriahkan HUT Kaltim 2016

SAMARINDA - Menyambut HUT Kaltim 2016, Kaltim menggelar Turnamen Sepakbola Nasional yang memprebutkan Piala Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak  yang akan diikuti 12 tim sepakbola peserta Indonesia Super Liague (ISL).

Gubernur Kalimantan Timur, Dr H  Awang Faroek Ishak mengatakan, turnamen tersebut akan digelar selama satu bulan dan dimulai pada Awal Januari dan puncaknya atau berakhir pada Pebruari 2016.

"Saya sudah tugaskan Asprov PSSI, KONI dan Dispora Kaltim untuk berkoordinasi dengan Kemenpora terkait rencana pergelaran Piala Gubernur ini," katanya.

Mengenai hadiah dan bonus yang akan diberikan kepada para pemenang dalam turnamen itu, Awang mengatakan bahwa, untuk hadiah tidak jauh beda dengan hadiah yang diberikan dalam turnamen Piala Presiden.

"Minimal sama dengan hadiah Piala Presiden, tanpa APBD, Kaltim ini banyak perusahaan baik dari pertambangan batu bara, migas maupun perusahaan perkebunan yang diharapkan partisipasinya untuk memeriahkan HUT Provinsi tahun depan," katanya.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Provinsi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (Asprov-PSSI) Kaltim Yunus Nusi mengatakan, Turnamen Piala Gubernur nantinya akan diikuti 12 tim sepak bola yang sebelumnya berlaga di Indonesian Super League (ISL).

Dia menyebutkan 12 tim tersebut,  yakni PBFC Samarinda, Mitra Kukar, Persiba Balikpapan, Tim  PON Kaltim, Bali United, Arema Malang, Persija Jakarta, Persib Bandung, Persebaya Surabaya, Persipura Jaya Pura dan PSM Makassar.

"Kalau dari Pulau Sumatera yang mewakili bisa PSMS Medan atau Sriwijaya FC, namun belum ada kabar pasti," kata Yunus Nusi usai bertemu dengan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak di ruang kerja Gubernur Senin (19/10).

Menurut Yunus, ide turnamen ini datang dari Gubernur Kaltim yang menginginkan HUT Kaltim berlangsung lebih meriah. "Karena itu, Gubernur meminta kepada kami untuk menggelar turnamen ini. Apalagi, Pak Gubernur juga sempat menikmati tontonan Piala Presiden yang akhirnya Gubernur juga antusias untuk menggelar turnamen ini," katanya.

Saat ini, dirinya sudah menjajaki ke beberapa klub ISL terkait penyelenggaraan Turnamen tersebut. Bahkan, dalam masa persiapannya nanti, PSSI bersama Dispora Kaltim dan KONI Kaltim akan berkoordinasi dengan Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI), Tim Transisi PSSI, hingga ke Kemenpora agar penyelenggaraan turnamen ini berjalan lancar dan baik.

"Turnamen ini, nanti tidak menggunakan APBD. Tetapi diupayakan melalui pembiayaan dari sponsor. Kita akan berusaha bagaimana turnamen ini bisa berjalan mulus dan Hut Kaltim lebih meriah," katanya.

Yunus mengatakan, penyelenggaraan turnamen terdapat tiga tempat, yakni Stadion Madya Aji Imbut Kutai Kartanegara, Stadion Utama Palaran dan Stadion Madya Segiri di Samarinda.

"Hadiah dan bonus kita serahkan ke Gubernur Kaltim. berapa bonus atau hadiah yang akan diberikan kepada para pemenang maupun peserta yang akan hadir. yang jelas, untuk para peserta direncanakan semua biaya transport maupun akomodasi akan kami tanggung semua," katanya. (rus/es/hmsprov).

////FOTO : Dr H  Awang Faroek Ishak

 

 

Berita Terkait