Kalimantan Timur
23 Pustakawan Ikuti Pemilihan Pustakawan Berprestasi


SAMARINDA – Sebanyak 23 pustakawan dari berbagai jenis perpustakaan di kabupaten dan kota mengikuti pemilihan Pustakawan Berprestasi yang digelar Badan Perpustakaan Kaltim.

Mereka terdiri dari 10 pustakawan perpustakaan umum, 8 pustakawan perpustakaan perguruan tinggi dan 2 pustakawan perpustakaan sekolah serta 3 pustakawan perpustakaan khusus (instansi).

Kepala Badan Perpustakaan Kaltim Hj Ardiningsih mengemukakan pemilihan Pustakawan Berprestasi sebagai upaya meningkatkan motivasi, kompetensi sekaligus mengembangkan profesionalisme pustakawan.

“Ajang ini sangat penting dan strategis untuk memotivasi pustakawan agar lebih berkompeten dan lebih profesional dalam bidangnya,” katanya pada pembukaan Ppemilihan Pustakawan Berprestasi Tingkat Provinsi di Aula Balai Pustaka, Selasa (14/6).

Dia mengakui perkembangan pustakawan tidak signifikan atau dalam kurun waktu beberapa tahun sangat sedikit peningkatannya baik jumlah maupun kemampuan. Bahkan pustakawan yang ada sekarang pun menurut dia, kebanyakan yang sudah lama atau senior. Sementara usia muda yang baru sangat sedikit jumlahnya.

“Selain diberikan penghargaan dan diikutkan pada even nasional, kegiatan ini juga menjadi ajang evaluasi pembinaan dan perhatian terhadap perkembangan pustakawan,” ujarnya.

Sementara itu Kabid Pengembangan dan Pembinaan Sumindar mengatakan para pustakawan akan mengikuti test kognitif serta wawancara selama dua hari (14-15 Juni).

“Dari sini akan terpilih pustakawan terbaik satu, dua dan tiga hingga harapan. Terbaik satu akan diikutkan dalam even nasional di Jakarta mewakili Kaltim,” jelas Sumindar. (yans/sul/es/humasprov)

Berita Terkait