Akhir Agustus Finalisasi Berkas Beasiswa BKC

 

SAMARINDA- Proses pemberkasan Beasiswa Kaltim Cemerlang (BKC) tahun anggaran 2016 akhir Agustus ini masuk tahap finalisasi. Selanjutnya proses tersebut disampaikan ke Sekretariat Daerah Pemprov Kaltim melalui Biro Hukum Setprov Kaltim untuk ditindaklanjuti, yang kemudian ditetapkan surat keputusannya (SK) oleh Gubernur Kaltim.

Setelah adanya SK tersebut, diharapkan realisasi penyaluran beasiswa tersebut tahun ini dapat segera disampaikan kepada penerima. Tahu ini, penyaluran beasiswa tersebut mengalami penurunan, khususnya jalur umum melalui pendaftaran online yang hanya bisa tertampung sebanyak 2.795 penerima dari 7.000 pendaftar.

“Kita sudah seleksi. Semoga, pertangahan September 2016 penyaluran beasiswa dapat direalisasikan ke masing-masing penerima atau dibayarkan. Untuk jalur umum ini berbagai tingkatan yang diterima, mulai Strata 1 hingga Strata 3 atau S1 hingga S3. Baik dalam daerah maupun luar daerah hingga luar negeri,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kaltim Dayang Budiati damping Ketua Tim BKC Kaltim Basmen Nainggolan di Samarinda, Minggu (28/8).

Selain itu, untuk BKC melalui jalur Perguruan Tinggi tahun ini ditiadakan. Karena adanya rasionalisasi anggaran sebesar 35 persen. Sehingga untuk jalur Perguruan Tinggi ditiadakan atau tidak dikuotakan lagi. Pasalnya, untuk jalur umum atau online alokasi yang diberikan hanya mencapai Rp10 miliar.

Sementara untuk anggaran beasiswa khusus, contohnya program S3 dan Kedokteran Unmul tetap berlanjut. Begitu juga program lanjutan atau kerjasama seperti mahasiswa perkeretaapian Rusia, Institut Teknologi Kalimantan (ITK) dan Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) terus dilanjutkan.

Selain itu, Pemprov Kaltim juga mengalokasikan beasiswa tidak mampu yang diterima mulai jenjang Sekolah Dasar (SD) hingga Perguruan Tinggi (PT) sebanyak 2.100 orang. “Untuk kuota penerima tidak mampu dilakukan seleksi oleh Pemerintah Kabupaten/Kota se Kaltim. Artinya, jika SK telah diterbitkan melalui Biro Hukum Setprov Kaltim dan ditandatangani Gubernur Kaltim, diharapkan penyaluran beasiswa dapat dilakukan segera,” jelasnya.(jay/humasprov)

Berita Terkait