Alih Kelola Juga Untuk Tenaga Kerja


 

BALIKPAPAN - Vice President Management Representatif SKK Migas, Effendi Karim memastikan karyawan yang bekerja di Blok Mahakam akan tetap bekerja seperti biasa. Dia katakan, pihaknya juga sudah berdiskusi dengan Total E&P Indonesie agar semua karyawan bisa ikut dalam gerbong ganti bendera dari Total E&P Indonesie kepada Pertamina Hulu Mahakam (PHM).

"Alih kelola itu bukan hanya proses pengolahan, tapi juga memberdayakan semua tenaga kerja yang ada dalam proses sebelumnya. Mereka hanya akan berganti bendera. Mereka akan tetap bekerja seperti biasa, kecuali mereka yang akan memasuki masa pensiun,"  kata Effendi Karim di sela Workshop Perijinan Daerah dan Sertifikasi Terkait Alih Kelola Wilayah Kerja Mahakam di Balikpapan, Kamis (3/2). 

Selanjutnya, pada sekitar Juni - Juli  akan dibagikan notifikasi kepada semua karyawan untuk memberikan pernyataan, apakah mereka akan melanjutkan untuk bekerja bersama operator baru, atau tidak.

Data itu sangat penting untuk diketahui pada akhir tahun nanti. Berapa persen yang akan memberikan pernyataan "yes" untuk melanjutkan, atau "no" untuk tidak melanjutkan.

Bagi Pertamina, lanjut Effendi Karim, kasus semacam ini bukan masalah baru. Terkait peralihan ini,  mereka sudah melakukannya di beberapa perusahaan sebelumnya.

"Pada Desember, mungkin mereka sudah akan berganti bet nama. Mungkin juga akan berganti warna perlengkapan pelindung diri dengan identitas K3S yang baru," sebutnya.

Dia menegaskan, SKK Migas hanya ingin memastikan tidak ada kekhawatiran dari para tenaga kerja tentang jaminan keberlanjutan kerja dalam bendera K3S yang baru. Sedangkan untuk Tenaga Kerja Asing (TKA), Effendi Karim melihat jumlahnya terus berkurang karena posisi-posisi mereka sudah banyak digantikan oleh tenaga-tenaga kerja lokal yang sudah memiliki kemampuan setara atau lebih dibanding tenaga kerja asing.

"Bahkan top level manajemen Total saat ini sudah diisi orang-orang Indonesia," pungkasnya. (sul/humasprov)

Berita Terkait
Data Masih Kosong
Data Masih Kosong