Dari Arena Musrenbangnas 2015

Kaltim Raih Terbaik II Anugerah Pangripta Nusantara 2015

 

JAKARTA - Kerja keras Pemprov Kaltim di bawah komando Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak dan Wagub HM Mukmin Faisyal HP, khususnya terkait kecepatan dan kualitas penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah menuai hasil positif. Dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2015 yang dibuka Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Jakarta, Rabu (29/4), Kaltim meraih peringkat terbaik II Anugerah Pangripta Nusantara (APN) 2015.

Penghargaan untuk katagori Peningkatan Kualitas Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tersebut diserahkan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Andrinof Chaniago disaksikan Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla (JK) dan para pejabat pusat, gubernur, serta bupati dan walikota se-Indonesia.

Usai pembukaan Musrenbangnas, Gubernur Awang Faroek Ishak nampak sangat gembira atas prestasi penting yang sukses diraih Kaltim pada tahun pertama Pemerintahan Jokowi-JK. Menurut Gubernur, penghargaan ini menjadi simbol penting bahwa Kaltim sangat siap bersinergi dengan program-program pembangunan Jokowi-JK.

"Ini bukti bahwa Kaltim siap melaksanakan kegiatan dan program pembangunan untuk RKPD 2015-2016. Tinggal bagaimana kita bisa menyukseskan semua program tersebut  untuk jangka waktu lima tahun kedepan," kata Gubernur.

Dijelaskan Gubernur, sebelum digelar Musrenbangnas ini Menteri Andrinof Chaniago bahkan sudah mengakui bahwa rencana pembangunan Kaltim lebih dari 90 persen sudah sinkron dengan program pemerintah pusat. Kesamaan ini menjadi pertanda sangat baik untuk membangun sinergi pembangunan nasional dan daerah yang semakin baik.

"Tentu ini kabar gembira. Selanjutnya, kita berharap ada dukungan yang konsisten dari pembiayaan APBN melanjutkan program-program pembangunan di Kaltim," tegas Awang Faroek.

Dia juga berharap pemerintah pusat terus mendorong peningkatan dana perimbangan maupun dana dekonsentrasi agar akselerasi pembangunan Kaltim sebagai salah satu penyumbang devisa terbesar mendapat perhatian khusus. 

Awang menambahkan, prioritas  untuk percepatan pembangunan infrastruktur akan terus dilakukan seperti kelanjutan pembangunan jalan tol. Bulan ini pekerjaan paket 1 dan paket 5 akan segera dilanjutkan, sedangkan untuk paket 2, 3  dan 4 akan dilaksanakan melalui kerja sama swasta (private public partnership/PPP).

Sektor infrastruktur masih menjadi prioritas untuk membangun konektivitas. Terutama menghubungkan kawasan industri dengan pusat produksi termasuk bandara dan pelabuhan.

"Prioritas juga untuk membangun konektifitas  di semua wilayah  Kaltim  sehingga diharapkan  perekonomian bisa berkembang dan muaranya untuk kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Selain itu, prioritas pembangunan lainnya akan segera dilanjutkan khususnya pembangunan pendidikan dan kesehatan, sesuai program  yang dituangkan dalam  Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kaltim 2014 - 2018. Fokus Kaltim adalah pembangunan sumber daya manusia, berkaitan pendidikan dan kesehatan, infrastruktur dan sektor ekonomi kerakyatan.

"Pada intinya semua program yang masuk dalam Musrenbang Provinsi Kaltim, akan terus dilaksnaakan, karena semua program kita sudah sinkron dengan program nasional. Sekarang  tinggal bagaimana program-program tersebut bisa disukseskan," kata Awang Faroek. (mar/sul/es/hmsprov). 

///FOTO : Gubernur Dr H Awang Faroek Ishak bersama Kepala Bappeda Kaltim Dr H Rusmadi (tengah) usai menerima Penghargaan Anugrah Pangripta Nusantara 2015, sebagai Provinsi terbaik ke-2 Nasional untuk katagori Peningkatan Kualitas RKPD.(syaiful/humasprov)

Berita Terkait