Diklat untuk Ciptakan Aparatur Negara Profesional

LAN Gelar Diklat Prajabatan

 

SAMARINDA – Pendidikan dan pelatihan (Diklat) di lingkungan pemerintah merupakan salah satu upaya untuk menciptakan aparatur negara yang profesional sehingga mampu memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

Hal itu disampaikan Kepala Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur III Lembaga Administrasi Negara (PKP2A III LAN) Samarinda, Dr Meiliana,   pada pembukaan Diklat Prajabatan Golongan III,  angkatan dua di Aula Kantor PKP2A III LAN Samarinda, Senin (2/6).

Menurut dia, seiring dengan perkembangan zaman dan reformasi birokrasi, aparatur pemerintah dituntut mampu bekerja profesional yang muaranya adalah memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Sebaliknya jajaran pemerintah juga melakukan upaya untuk memenuhi tuntutan publik, salah satunya dengan memberikan pembekalan berupa pengetahuan dan keterampilan kepada sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS).

“Salah satu upaya tersebut adalah dengan menggelar Diklat Prajabatan yang diberikan kepada Calon PNS yang akan diangkat menjadi PNS, sehingga memiliki kompetensi sesuai dengan persyaratan pengangkatan pegawai,” kata  Meiliana.

Sejumlah peserta dibekali dengan pengetahuan dan kompentensi wawasan kebangsaan, kepribadian, pengetahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan pemerintah negara hingga etika PNS, agar mampu melaksanakan tugas dan peran sebagai pelayan masyarakat.

Diklat Prajabatan Golongan III ini, merupakan yang terakhir menggunakan Diklat pola lama yang akan berlangsung tiga minggu,  yakni  pada 2 – 25 Juni 2014. Kegiatan ini diikuti 69 peserta dengan berbagai profesi, yakni dokter dan guru  yang berasal dari Tabalong, Penajam Paser Utara, Samarinda, Balai Besar Dikterokapra Kaltim dan Bandiklat Kehutanan Samarinda.(ist/sul/es/hmsprov).

 

///FOTO :  Kepala PKP2A III LAN Samarinda, Dr Meiliana,  memberi ucapan selamat kepada peserta Diklat Prajabatan.(Ist)

Berita Terkait