Dilaksanakan di GOR 27 September Unmul


SAMARINDA - Pemprov Kaltim terus berkomitmen untuk mewujudkan  gerakan pembangunan berkelanjutan  Kaltim Green  (Kaltim Hijau) yang sudah dicanangkan sejak 2010 lalu. Untuk memperkuat gerakan tersebut, pada 29 Mei 2016  Pemprov Kaltim  akan mendeklarasikan satu kampanye program Green Growth Compact (GGC). Deklarasi akan dipusatkan di GOR 27 September Unmul Samarinda.  

Persiapan pelaksanaan pendeklarasian GGC kini sudah mencapai 90 persen. Demikian hasil rapat persiapan yang dipimpin Asisten Ekonomi dan Pembangunan  Setdaprov Kaltim  H Ichwansyah, yang dihadiri oleh kepala dinas, badan terkait di lingkungan Pemprov Kaltim, Perguruan Tinggi, serta organisasi masyarakat yang berlangsung  di Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (24/5).   

Rapat persiapan secara terpadu, kata Icwansyah semuanya sudah terbagi khususnya siapa bertanggungjawab apa dalam tugas masing-masing dinas instansi pada   pelaksanaan pendeklarasian GGC. Rencananya, sebelum acara resmi lebih dulu akan digelar gladi kotor pada 26 Mei 2016.

"Setelah gladi kotor kemudian akan dilanjutkan gladi bersih pada 28 Mei 2016. Diharapkan semua persiapan yang dilakukan nantinya bisa terlaksana sukses aman dan lancar," katanya.

Ichwansyah mengharapkan gaung GGC bukan saja di Samarinda, tetapi juga di Kaltim secara keseluruhan. Oleh karena  itu seluruh kabupaten/kota juga bisa melaksanakan hal yang sama. Saat pelaksanaan nanti diharapkan seluruh bupati dan walikota termasuk para pemerhati lingkungan bersama-sama melakukan penandatangan sebagai tanda dukungan terhadap kampanye program GGC.

Pendeklarasian  Green Growth Compact mendatang  akan dirangkai dengan apel besar peringatan Hari Lingkungan Hidup Dunia.  Kemudian dilakukan aksi penanaman pohon yang akan dilaksanakan di sekitar bantaran Sungai Karang Mumus dan lokasi Bandara Samarinda Baru. Aksi ini akan diikuti para pegawai  dinas/instansi maupun para pelajar.

"Selain itu, juga akan dilakukan aksi memungut sehelai sampah di sepanjang Sungai Karang Mumus Samarinda, yang akan dilakukan langsung oleh Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak bersama Sekjen BLH pusat serta forum komunikasi pimpinan daerah, dinas/instansi terkait maupun para LSM," paparnya. (mar/sul/es/humasprov) 


Berita Terkait
Government Public Relation