Forum Anak Kaltim Penting


SAMARINDA – Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB (BPPKB) Kaltim Hj Hardiana Muryani mengatakan, Forum Anak Kaltim harus menjadi wadah untuk membangkitkan jiwa, mental serta semangat nasionalisme yang kuat.

“Forum ini sangat penting dalam membentuk anak-anak Kaltim yang  berkarakter,” kata Hardiana Muryani saat mewakili Kepala BPPKB Kaltim pada penutupan pertemuan Forum Anak Kaltim 2016 di Samarinda, Sabtu (16/4). Pada pertemuan itu ditetapkan Fajar Hafini, siswa Sekolah Menengah Atas di Kota Samarinda untuk memimpinForum Anak Kaltim periode 2016-2018.

Menurut Hardiana, lembaga yang menaungi anak-anak Kaltim juga menjadi institusi guna meningkatkan pemahaman dan wawasan dalam memegang teguh empat pilar kebangsaan.

Dia mengakui sejak terbentuk Forum Anak baik provinsi maupun kabupaten dan kota  sangat bermanfaat dalam memupuk kekompakan, kebersamaan dan rasa nasionalisme. Sebab lanjutnya, era globalisasi dan keterbukaan informasi dapat berefek negatif dan berakibat fatal atau merusak mental dan moral generasi penerus apabila tidak pandai menyaringnya.

Forum Anak menjadi institusi anak-anak kabupaten dan kota dalam membangun jaringan persaudaraan bagi forum anak se-Kaltim. “Dalam forum ini anak-anak selain diajarkan berorganisasi dan menghargai orang lain juga bagaimana membangun jiwa sosial dan cinta lingkungan serta bela negara,” katanya.

Dia menambahkan pertemuan Forum Anak Kaltim 2016 ini sangat istimewa karena dihadiri dan diikuti seluruh perwakilan forum anak kabupaten dan kota se-Kaltim. Kegiatan pertemuan dan pengukuhan Forum Anak Kaltim dihadiri Mantan Kepala BPPKB Kaltim Hj Ardiningsih dan para pendamping dari sepuluh kabupaten dan kota se-Kaltim. (yans/sul/humasprov

Berita Terkait