Generasi Pramuka Diyakini Mampu Kawal NKRI


SAMARINDA – Generasi Pramuka diyakini mampu mengawal keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di masa mendatang. Hal itu karena, kegiatan kepramukaan adalah kawah candradimuka generasi muda untuk membangun karakter bangsa di negara ini. 

Bangsa ini perlu generasi muda yang mampu mengawal NKRI hingga puluhan tahun mendatang. Sehingga NKRI selalu ada di dalam hati bangsa ini. Karena itu, Pramuka memiliki peran membangun keutuhan NKRI.

“Gerakan pramuka selalu membawa merah putih dari Sabang sampai Merauke. Karena itu, gerakan ini harus digalakkan kembali. Sesuai arahan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, apakah NKRI 70 tahun akan datang masih ada. Makanya, Pramuka harus menjadi kawah candradimuka bangsa ini,” kata Ketua Kwarnas Pramuka Adhyaksa Dault saat berada di Samarinda baru-baru ini.

Menurut Adhyaksa, Pramuka memiliki slogan, yaitu gembira, asyik dan keren. Dengan begitu, gerakan ini dapat membantu pemerintah maupun pemerintah daerah membangun generasi muda berkarakter.

Adhyaksa menyebutkan, Gubernur Awang Faroek Ishak telah menegaskan bahwa Gerakan Pramuka sangat siap melaksanakan Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM). Karena salah satu point penting dalam Dasa Dharma Pramuka sangat jelas, yakni Takwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Suci Dalam Pikiran, Perkataan dan Perbuatan.

“Inilah gerakan yang diyakini mampu menumbuhkan semangat generasi muda dalam mempertahankan keutuhan NKRI dan karakter bangsa,” tegas Adhyaksa. (jay/sul/es/humasprov

Berita Terkait