Gubernur Ajak Generasi Muda Bangun Pertanian

SAMARINDA – Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengajak generasi muda yang tergabung dalam organisasi kepemudaan di Kaltim berpartisipasi dalam pelaksanaan pembangunan daerah, khususnya dalam pengembangan pertanian dalam arti luas.

"Tidak hanya aktif dalam mengembangkan kegiatan kepemudaan,  para pemuda juga harus aktif memberikan kontribusi dan ikut serta dalam pembangunan daerah, dengan melihat dan memanfaatkan peluang usaha khususnya pada sektor-sektor yang menjadi program prioritas pembangunan Kaltim, termasuk dalam upaya mewujudkan swasembada pangan," kata Awang Faroek  Ishak pada  penutupan Rapat Koordinasi Pangan 2016 di Lamin Etam Kamis (3/3) lalu.

Menurut Gubernur, peluang usaha tidak hanya pada sektor pertambangan batu bara dan jasa konstruksi yang saat ini sedang booming, melainkan pada sektor lainnya seperti pertanian dalam arti luas (perkebunan, perikanan, peternakan, kehutanan dan lainnya) yang menjadi fokus pengembangan Kaltim ke depan. Dimana Kaltim berupaya untuk mewujudkan ketahanan dan kemandirian pangan.

"Pertanian kita terus dikembangkan, ada enam komoditi yang menjadi fokus utama, yakni padi, jagung, kedelai, singkong, sapi dan ikan. Peluang ini harus dimanfaatkan dengan baik oleh generasi muda , sekaligus untuk mengurangi pengangguran dan kemiskinan," kata Gubernur.  

Guna memulai ataupun mengembangkan usaha,  para pemuda bisa memanfaatkan program penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang disediakan Pemprov Kaltim di Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kaltim. (mar/sul/hmsprov)

Berita Terkait