Gubernur Ajak Semua Pihak Hijaukan Jalan Tol


SAMARINDA- Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengajak semua pihak untuk bersama-sama melakukan penanaman bibit pohon atau penghijauan di sepanjang Jalan Tol Balikpapan-Samarinda.

    Gubernur berharap jalan tol sepanjang 99,02 km itu nantinya akan terlihat indah, rapi dan hijau sehingga nyaman dipandang. Apalagi, Pemprov Kaltim memiliki program one man five trees atau satu orang menanam lima pohon.

    “Siapa pun berhak melakukan penanaman di daerah ini. Mulai dari jajaran pemerintah hingga lembaga swadaya masyarakat (LSM) bahkan berbagai organisasi dapat melakukan. Terpenting adalah punya komitmen bahwa Kaltim Green atau Kaltim Hijau merupakan cita-cita bersama,” kata Awang Faroek Ishak setelah menerima kunjungan Alumni Fakultas Kehutanan (Fahutan) Unmul di Kantor Gubernur Kaltim, Jumat (15/4).

    Awang mengatakan penghijauan ini bagian dari mendukung penurunan emisi gas rumah kaca  atau perubahan iklim yang ditargetkan Presiden Joko Widodo dapat terwujud. Karena itu, Pemprov Kaltim sangat senang apabila ada organisasi yang terlibat dalam mendukung program penghijauan di daerah.

    Pemprov sangat menghargai jika ada organisasi atau ormas maupun LSM yang jelas perjuangannya dalam melestarikan lingkungan, khususnya jelas program kerjanya untuk melestarikan lingkungan di daerah.

    “Seperti Jaringan Advokasi Tambang (Jatam), saya senang dengan sikap dan tindakan mereka. Program mereka jelas. Mereka memberikan kritik tetapi juga mempunyai konsep yang jelas, sehingga itu bisa kita terima sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan kebijakan. Karena itu, semua pihak berhak mendukung program penghijauan di Kaltim, khususnya dalam menghijaukan kanan kiri jalan tol,” jelasnya. (jay/sul/humasprov

Berita Terkait