Gubernur Minta Masyarakat Sukseskan Pemilukada di Kaltim

Gubernur Minta Masyarakat Sukseskan Pemilukada di Kaltim

 

SAMARINDA - Gubernur Kaltim  Dr H Awang Faroek Ishak  meminta kepada seluruh elemen masyarakat Kaltim menyukseskan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) serentak di 9 kabupaten dan kota  di daerah ini, yang dijadwalkan pada 9 Desember 2015.

"Pemilihan Umum (Pemilu) merupakan wahana perwujudan kedaulatan rakyat guna menghasilkan pemerintahan demokratis, dilaksanakan secara jujur dan adil dengan menegakkan asas langsung, umum, bebas dan rahasia,” kata Awang Faroek Ishak,  pada buka puasa bersama dengan forum, ulama dan legiun veteran Samarinda, di Samarinda, Selasa (30/6).

Dikatakan,  sukses Pemilukada bukan hanya bersandar pada integritas penyelenggara Pemilu dan masyarakat selaku peserta pesta demokrasi. Namun demikian, harus didukung seluruh pemangku kepentingan demi terciptanya sinergitas yang kuat dan saling berkesinambungan.

Hal itu sangat penting dan harus menjadi pertimbangan rasional dengan menjadi pemilih cerdas sehingga tidak salah pilih, tetapi yang dipilih adalah calon yang mempunyai integritas dan kualitas terbaik.

Awang meminta agar  partisipasi politik masyarakat ditingkatkan, terutama pada kalangan pemilih pemula dan generasi muda, baik pelajar maupun mahasiswa, karena fakta menunjukkan saat ini  terjadi fenomena penurunan tingkat partisipasi politik masyarakat dalam Pemilu.

"Partisipasi masyarakat, khususnya di kalangan pemula maupun generasi muda menyalurkan hak suara, juga sangat penting. Pemilu yang sukses akan menentukan nasib bangsa dan negara lima tahun ke depan," paparnya.

Dia juga mengajak warga untuk senantiasa menyikapi situasi politik menjelang Pemilukada serentak dengan kepala dingin dan  dewasa, tidak memaksakan kehendak serta mematuhi peraturan, perundang-undangan.

"Harus kita sadari dengan penuh keyakinan bahwa daerah yang kita cintai dan kita banggakan ini, tidak akan dapat dibangun dengan pertikaian dan permusuhan," ujarnya.

Menurut dia, siapapun pemimpin di kabupaten dan kota di Kaltim, sehebat apapun kemampuan dan kecerdasan, pasti tidak akan mampu membawa pada kesejahteraan, tanpa prasyarat kenyamanan dan kedamaian di hati sanubari masyarakat.

"Sekali lagi Saya mengimbau, mari kita sukseskan Pemilukada serentak di Kaltim, hingga nantinya kita memilih pemimpin daerah yang terbaik dan mampu membawa pada kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kaltim," kata Awang. (mar/sul/es/hmsprov)

///FOTO : Gubernur Kaltim  Dr H Awang Faroek Ishak bersama sejumlah undangan pada buka bersama forum, ulama dan legiun veteran Samarinda.(johan/humasprov)

 

Berita Terkait