Gubernur: Prestasi Atlet Kaltim untuk Negara

Keberhasilan Atlet Kaltim di SEA Games 2015

 

SAMARINDA - Keberhasilan sejumlah atlet Indonesia di SEA Games 2015 Singapura, dengan membawa 47 medali emas, 61 perak dan 74 perunggu yang menempatkan Indonesia di peringkat lima besar.

Keberhasilan Indonesia meraih peringkat lima juga tidak lepas dari perjuangan atlet asal Kaltim yang menjadi bagian dari Tim Nasional (Timnas) Indonesia di SEA Games 2015. Yang meraih 15 medali untuk Indonesia, terdiri atas 5 emas, 3 perak dan 7 perunggu.

“Saya ucapkan selamat kepada para atlet Kaltim yang berjuang untuk negara ini. Karena itu, wajar jika negara memberikan penghargaan kepada mereka yang telah berjuang untuk negara ini. Mereka adalah patriot olahraga ,” kata Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak, Senin (29/6).

Penghargaan tentu diberikan kepada atlet berprestasi. Hanya saja, berapa besarannya tentu akan dipertimbangan melalui kemampuan keuangan daerah. Karena itu, Pemprov Kaltim menunggu laporan KONI Kaltim tentang pemberian penghargaan tersebut.

“Pemprov Kaltim memberikan apresiasi tinggi atas perjuangan atlet Kaltim untuk negara ini. Sedangkan untuk penghargaan masih dipertimbangkan. Jadi, kami tunggu laporan KONI Kaltim,” jelasnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim Fachruddin Djaprie mengatakan, prestasi atlet Kaltim menunjukkan bahwa pembinaan Pemprov melalui KONI cukup berhasil. Terbukti 10 persen dari torehan medali emas yang dicapai Indonesia adalah dari Kaltim, yakni lima emas yang diberikan atlet Kaltim untuk Indonesia dari 47 medali emas yang diraih.

“Pembinaan Pemprov bersama KONI Kaltim tidak sia-sia. Terbukti atlet Kaltim mampu mengharumkan nama Indonesia di ajang multi even di Asia Tenggara,” jelasnya.

Ketua KONI Kaltim Zuhdi Yahya mengatakan segera menyampaikan informasi prestasi yang dicapai atlet Kaltim di SEA Games 2015 kepada Gubernur Kaltim agar menjadi pertimbangan untuk diberikan penghargaan.

“Sebenarnya, penghargaan tingkat internasional merupakan kewenangan pemerintah pusat, hanya saja untuk memberikan motivasi di daerah, hal ini akan dipertimbangkan, sesuai dengan keuangan daerah yang ada di KONI Kaltim,” jelasnya. (jay/sul/es/hmsprov).

Berita Terkait