Gubernur Tinjau Persiapan Grounbreaking

Presiden Resmikan dan  Grounbreaking  Sejumlah Proyek di Kaltim

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak pada Rabu (4/11) kemarin melakukan peninjauan ke Kawasan Industri Buluminung, Penajam Paser Utara untuk memastikan persiapan peresmian dan groundbreaking proyek-proyek pembangunan di Kalimantan Timur yang akan dilakukan Presiden Joko Widodo.

"Kita sudah lakukan peninjauan hari ini. Semua sudah siap, terkait dengan peresmian dan groundbreaking sejumlah proyek di daerah ini, " kata Awang Faroek usai mempimpin pertemuan dengan sejumlah pejabat terkait, yakni Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI, Benny Indra Pujihastono,  Danrem 091/ASN, Brigjen TNI Teguh Arif Indratmoko, Kapolda Kaltim, Irjend Pol Safarudin, Bupati PPU, Yusran Aspar dan  perwakilan Russian Railways, HM Yadi Sabianoor serta sejumlah pimpimnan SKPD di lingkungan Pemprov Kaltim dan Kabupaten PPU.

Menurut Awang, rencana peresmian dan groundbreaking sejumlah proyek pembanggunan yang awalnya akan dilaksanakan pada 17 November akan dimajukan pada 13 November. "Jadwal dimajukan. Insya Allah pada 13 Novenber. Kita masih melakukan koordinasi terkait dejngan jadwal ini," katanya.

Peresmian dan Groundbreaking sejumlah proyek pembangunan di Kaltim yang akan dilakukan oleh presiden, antara lain  Peresmian Pabrik Pupuk Kaltim V di Bontang, groundbreaking jembatan Pulau Balang di Penajam Paser Utara, pembangunan rel kereta api penumpang dan angkutan barang di PPU.

"Jalur kereta api dari Kubar ke Kawasan Industri Kariangau dan Buluminung di Balikpapan  dan Penajam Paser Utara sepanjang 200 kilometer dan jalur kereta api dari Tabang Kutai Karrtanegara ke Lubuk Tutung di Kutai Timur sepanjang 195 kilometer," katanya.

Selain itu, groundbreaking juga siap dilakukan untuk pembangunan pelabuhan di Kawasan Industri Buluminung, pembangunan technopark, lanjutan pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda, kawasan sains, teknologi dan industri nuklir Kaltim

"Masih ada satu lagi tambahan proyek dari pemerintah Kabupaten PPU yaitu groundbreaking Pelabuhan Benua Taka. Dari sejumlah proyek pembangunan ini ada yang investasinya dari luar negeri yakni dari Rusia yang nilainya mencapai 5,4 miliar USD atau setara dengan Rp73,4  triliun, (dengan kurs dolar Rp13.600), " katanya.

Lebih lanjut, Awang mengatakan, kemungkinan kegiatan ini akan dihadiri Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Republik of Tatarstan, Rustam Minnikhanov. (rus/sul/es/humpro).

////FOTO : Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak (tengah) didampingi Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI, Benny Indra Pujihastono (kiri),  Danrem 091/ASN, Brigjen TNI Teguh Arif Indratmoko (kanan), Kapolda Kaltim, Irjend Pol Safarudin (dua dari kanan) memimpin pertemuan untuk membahasa persiapan kedatangan Presiden RI.(syaiful/humasprov)

 

Berita Terkait