Gubernur: Unmul Adalah Mitra Pemerintah

Dies Natalis ke-53 tahun Unmul

 

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengatakan Universitas Mulawarman (Unmul) adalah mitra Pemprov Kaltim.  Gubernur minta, pada usianya yang ke-53 tahun ini Unmul harus  meningkatkan jalinan kerjasama karena  sangat banyak kegiatan yang dapat dilakukan.

"Kemajuan Unmul sangat luar biasa, dulu hanya empat program, sekarang sudah delapan program dari 14 fakultas. Mahasiswanya lebih 40 ribu orang dengan prestasi bidang akademik dan non akademik yang banyak mengharumkan nama Kaltim," kata Awang Faroek Ishak pada acara Dies Natalis ke-53 Unmul yang berlangsung di Sekretariat Unmul, Selasa (29/9). 

Pada Dies Natalis tahun  ini, Awang Faroek memberikan kado  kunjungan dari Rusia sekaligus tantangan kepada Unmul untuk bisa menindaklanjuti kerjasama yang akan dilakukan yaitu pengembangan nuklir di Kaltim.

"Diharapkan Unmul dapat bertindak sebagai lembaga penyeleksi anak-anak yang akan dikirim ke Rusia, sekaligus memberikan alokasi dosen  Unmul untuk studi lanjut program Doktor bidang nuklir dan metalurgi di Rusia," kata Awang.

Awang menambahkan, Pemprov Kaltim  telah menandatangi perjanjian kesepahaman (MoU) dengan Moscow State University, Saint Petersburg State University dan Rostov State Univerisity. Pertukaran mahasiswa Unmul dengan mahasiswa Kazan University di Kazan, Republik Tartakstan (Federasi Rusia) yang akan dimulai tahun 2016.

"Selain itu kita juga akan kembangkan pembangkit energi berbasis kayu (pellet) kerjasama dengan pengusaha Rusia. Oleh karenanya diharapkan Unmul dapat berpartisipasi di dalamnya  melalui tenaga-tenaga ahlinya," ujarnya.       

Pemprov Kaltim dan Rusia, lanjut Awang akan membangun Tecknopark di PPU, yang didalamnya berisi  beberapa industri.  "Setidaknya, Unmul bersama Dinas Pendidikan dapat bersama-sama mempersiapkan SDM melalui pengelolaan education center yang akan kita arahkan kepada fungsi science park yang mendukung tecknopark," kata Awang.

Awang juga berharap, Unmul bersama dengan Himpunan Kimia Indonesia dan Himpunan Masyarakat Nuklir Indoensia dapat mensosialisasikan keamanan teknologi nuklir dan manfaatnya bagi manusia konferensi internasional yang melibatkan pakar-pakar dari dunia.

"Karena itu, bentuk-bentuk kepedulian Unmul diharapkan memberi andil terhadap pembangunan daerah, terutama dalam konsep-konsep dan kajian-kajian ilmiah yang bermanfaat bagi Pemprov Kaltim," papar Awang. (mar/sul/es/hmsprov)

///FOTO : Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak saat menghadiri Dies Natalis ke-53 tahun Unmul.(randy/humasprov)

 

 

Berita Terkait
Government Public Relation