Humas dan Protokol Setprov Kaltim Buat Koran Elektronik

Humas dan Protokol Setprov Kaltim Buat Koran Elektronik

 

SAMARINDA – Seiring dengan meningkatnya jumlah kunjungan pada website resmi Pemprov Kaltim dengan alamat www.kaltimprov.go.id.  Jajaran Humas dan Protokol Kaltim membuat trobosan dengan melengkapi website tersebut dengan koran elektronik (e-paper), sebagai upaya pendekatan komunikasi dan informasi pembangunan dengan masyarakat pembaca, khususnya pengguna internet.

            “Koran elektronik ini tidak ubahnya seperti koran, bedanya tidak dicetak, hanya ditampilkan melalui Website Pemprov Kaltim. Melalui koran elektronik ini masyarakat dapat lebih mudah mengakses berbagai informaasi pembangunan dan kegiatan Pemrov Kaltim serta 10 kabupaten dan kota, melalui telepon genggam, jaringan komputer dan sarana komunikasi sejenis lain” kata Kepala Biro Humas dan Protkol Setprov Kaltim, S Adiyat, di Samarinda, Kamis (7/8).

            Masyarakat dapat mengakses berbagai informasi yang disampaikan jajaran Humas Pemprov Kaltim dan 10 kabupaten/kota yang teritegrasi dalam sebuah media yang disebut koran elektronik yang diberi nama “Habar Kaltim”.

            Trobosan tersebut masih dalam proses persiapan desain serta kelengkapan lainnya yang merupakan bagian dari proyek perubahan yang dilakukan Adiyat dan telah mendapat dukungan dari Gubernur Kaltim, Dr H Awang Faroek Ishak serta jajaran Setprov Kaltim dan sejumlah pihak terkait.

“Pada tahap awal bentuk dukungan juga datang dari empat kabupaten yang siap mendukung, sekaligus sebagai daerah percontohan dalam pengelolaan koran elektronik. Empat daerah itu, yakni Samarinda, Balikpapan, Kutai Kartanegara dan Bontang,” katanya.

Jajaran Humas tersebut siap mendukung dengan penyampaian informasi dalam bentuk berita dan foto jurnalistik, guna memenuhi kuota halaman koran elektronik pada saat ujicoba yang dijadwalkan pada Oktober-Desember 2015.

Selama uji coba, akan dilakukan pembenahan terkait berbagai tampilan maupun isi pemberitaan serta tampilan perwajahan koran, sekaligus melakukan koordinasi dengan enam kabupaten lain untuk segera berpartisipasi dalam program tersebut.

Pada tahap ujicoba, koran elektronik akan tampil dengan tujuh halaman dan selanjutnya pada 2016 akan dilaunching dengan melibatkan jajaran humas dari 10 kabupaten/kota dengan  12 halaman.

“Harapannya dengan bentuk koran elektronik ini, informasi dan komunikasi dengan masyarakat lebih dekat karena warga bisa memberikan usulan atau mengkritisi berbagai program pembangunan oleh Pemprov Kaltim dan 10 kabupaten/kota, sehingga dapat menjadi pertimbangan dan masukan yang bersifat membangun,” ujarnya

            Melalui koran elektronik yang terintegrasi dengan 10 kabupaten/kota ini juga bertujuan agar terjalin komunikasi antara kabupaten dengan Pemprov Kaltim, sehingga pembangunan dilakukan sinergi.(santos/sul/ri/hmsprov).

//Foto: S Adiyat

 

 

Berita Terkait