Kalimantan Timur
Jambore Inovasi Kalimantan Dihadiri Menpan RB


 

SAMARINDA – Dipastikan Jambore Inovasi Kalimantan (JIK) yang akan digelar pada 24-26 Oktober 2016 di Kabupaten Bulungan dihadiri Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB).

Kepastian kehadiran MenPANRB pada ajang inovasi regional itu disampaikan Kepala Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur (PKP2A) III Lembaga Administrasi Negara (LAN) Samarinda Mariman Darto, Jumat (21/20).

Dalam even regional itu lanjut Mariman, Menpan selain menghadiri dan membuka JIK juga berkesempatan menyerahkan Inagara Award (Inovasi Administrasi Negara) kepada lima gubernur se-Kalimantan.

“Menpan  akan hadir pada JIK sekaligus berkenan menyerahkan anugerah Inagara Award kepada para gubernur se-Kalimantan dari Lembaga Administrasi Negara,” katanya saat konferensi pers JIK di Gedung PKP2A III LAN Samarinda.

JIK di Provinsi Kalimantan Utara ini ujar Mariman, guna mempromosikan dan mendiseminasikan hasil-hasil inovasi aparatur sipil negara di Kalimantan.

Sekaligus mendorong kolaborasi dan kerjasama antar alumni Diklatpim dan aparatur sipil negara dalam meningkatkan kualitas layanan publik demi kesejahteraan rakyat Kalimantan.

Terpenting ungkapnya, semangat JIK yang baru pertama kali digelar ini agar Kalimantan tidak selalu tertinggal jauh dengan provinsi-provinsi lain di Indonesia. Misalnya, Kalimantan masih tertinggal sepuluh tahun dengan Jawa dan lima tahun dengan Sumatera dan Sulawesi untuk inovasi aparatur sipil negara.

“Kita ingin Kalimantan ini menjadi kawasan peradaban baru sebab didukung potensi sumber daya alam yang besar serta SDM aparatur berkualitas dan berdaya saing,” ujarnya.  

Pada  ajang JIK akan dicanangkan Gerakan Inovasi Kalimantan bentuk komitmen para gubernur agar menjadikan inovasi sebagai tonggak penting untuk kemajuan Kalimantan.

Selain itu, pada ajang tersebut juga akan diberikan anugerah Borneo Innovation Award kepada lima pemenang kompetisi inovasi pasca diklat (Sinopadik) atau para alumni Diklatpim tingkat III dan IV dari berbagai lembaga diklat se-Kalimantan.

Selain Menteri dan lima gubernur se-Kalimantan, JIK 2016 akan dihadiri 400 peserta terdiri innovator aparatur sipil negara se-Kalimantan, Bandiklat Keuangan dan Keagamaan di Banjarmasin, Bandiklat Kemen PUPR dan Kemenkeu, LPMP dan masyarakat innovator.

“Kegiatan kita laksanakan selama tiga hari dan semuanya ada enam rangkaian kegiatan termasuk talkshow innovator, pameran inovasi pelayanan publik serta rapat konsolidasi,” jelas Mariman.(yans/humasprov).

Berita Terkait