Kaltim Buat Masterplan Percepatan Pengembangan Pariwisata

SAMARINDA - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kaltim tahun ini  membuat masterplan percepatan pengembangan pariwisata, untuk meningkatkan jumlah kunjungan wista di sejumlah objek wisata di daerah ini.

Kepala Dinas Kebuadayaan dan Pariwisata Kaltim HM Aswin mengatakan, target objek wisata itu diantaranya Pulau Kakaban (Berau), Tepian Mahakam (Samarinda), Kota Bangun (Kukar) dan Tanjung Isuy (Kubar) serta di Long Bagun (Mahulu).  

"Secara bertahap akan dibangun beberapa fasilitas dan sarana penunjang objek wisata, berupa pembangunan pelabuhan, baik untuk sungai dan pelabuhan laut, kemudian pembangunan jogging track di Labuan Batu (Berau). Sekarang sudah realisasi fisik," kata Aswin.

Sedangkan  jalan pendekat dari Berau ke Tanjung Batu saat ini dalam proses pembangunan dengan dukungan  Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Perhubungan Kaltim. Selain itu, jalan menuju Kabupaten Berau saat ini sudah mulus dan tidak ada lagi lubang -lubang yang dapat mengganggu arus transportasi jalan darat.

Aswin menambahkan, Kaltim mengapresiasi program Kementerian Pariwisata melalui target 20 juta  kunjungan mancanegara dengan usaha-usaha  memperbaiki sarana dan prasarana objek wisata.  

Dia menyebutkan jumlah kunjungan wisatawan di Kaltim meningkat. Baik pengunjung  mancanegara  maupun nusantara. Pada 2014 jumlah pengunjung mencapai 28 ribu dan 2015 bertambah menjadi 49 ribu pengunjung.

"Sekitar 0,2 persen berasal dari Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan yang terbang langsung dari Singapura dan Malaysia. Sementara yang lainnya, kita data dari kabupaten/kota yang menginap di hotel-hotel di Kaltim," kata Aswin. (mar/sul/es/hmsprov).

Berita Terkait
Government Public Relation