Kalimantan Timur
Kaltim Canangkan Bebas Bibir Sumbing

SAMARINDA.  Pencanangan Kaltim Bebas Bibir Sumbing oleh Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak pekan lalu, mendapat sambutan positif Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Daerah Kaltim yang pada Jumat dan Sabtu (4-5/2) lalu melaksanakan operasi bibir sumbing dan celah langit-langit gratis pada 14 orang pasien.

“PKBI Kaltim bekerjasama dengan Yayasan Rumah Sakit Ria Kencana PKBI Kaltim dan Smile Train yang merupakan lembaga amal dunia yang peduli pada penanganan bibir sumbing dan celah langit-langit,” kata Pembina Yayasan RS PKBI Daerah Kaltim H Syahrir Basran.

Menurut Syahrir Basran, pihaknya gembira mampu melaksanakan kegiatan sosial tersebut berkat adanya dukungan para dokter dari Bandung yang tergabung dalam tim medis khusus operasi bibir sumbing maupun celal langit-langit. “Begitu pula dengan dukungan Swasta, setidaknya ada 5 mall di Samarinda yang turut membantu penyampaian informasi,” katanya seraya menambahkan pasien yang dioperasi selain Samarinda juga datang dari Bontang dan Kutai Barat.

Di kesempatan yang sama Direktur Eksekutif PKBI Kaltim Sumadi Atmodiharjo mengatakan, operasi bibir sumbing gratis kali ini merupakan yang ketiga kalinya dilaksanakan. Tujuannya tidak lain untuk kemanusiaan, yaitu memberikan kesempatan warga masyarakat Kaltim yang menderita bibir sumbing memperoleh senyum baru untuk masa depan yang lebih cerah. “Jadi, operasi bibir sumbing ini juga sekaligus mendukung upaya Gubernur Kaltim yang mencanangkan Kaltim Bebas Bibir Sumbing,” jelas Sumadi. */(ri/hmsprov).

Berita Terkait