Kalimantan Timur
Kaltim Miliki 30 THL Keswan

SAMARINDA – Hingga akhir 2015 lalu, Kaltim telah memiliki 30 tenaga harian lepas (THL) Kementerian Pertanian (Kementan). Para THL itu difungsikan pemerintah untuk memberikan pelayanan kesehatan hewan (keswan) yang ditempatkan di setiap pusat kesehatan hewan (Puskeswan).

Kepala Dinas Peternakan (Disnak) Kaltim Dadang Sudarya menyebutkan para THL Kementan yang berjumlah 30 orang itu terdiri dari dokter hewan 11 orang dan paramedic veteriner 19 orang.

“Awalnya berjumlah 20 orang. Tahun lalu Kaltim mendapat tambahan 10 orang, sehingga seluruhnya 30 orang,” kata Dadang Sudarya pada Pertemuan Forum THL di Samarinda, Kamis (18/2).

Menurut dia, keberadaan THL Keswan Kementan ini sangat strategis terutama dalam memenuhi keterbatasan sumber daya manusia (SDM) di Puskeswan di setiap kecamatan. Selain itu, tenaga Keswan sangat penting untuk mendukung percepatan pembangunan peternakan. Khususnya pengembangan ternak sapi indukan Brahman Cross impor. Namun demikian lanjut Dadang, masih ada dua daerah yang belum memiliki THL Keswan yakni Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) dan Kutai Barat (Kubar).

“Saya berharap agar tahun anggaran 2016 ini Kaltim kembali mendapat tambahan THL khususnya untuk dua daerah seperti Mahulu dan Kubar,” harap Dadang.

Sementara itu, Kepala Bidang Keswan Edith Hendartie menjelaskan para THL Keswan 30 orang itu disebar ke Puskeswan di delapan kabupaten dan kota. Disebutkan untuk Samarinda dan Balikpapan masing-masing tiga orang dan Kutai Timur tujuh orang, Penajam Paser Utara empat orang dan Paser sembilan orang.

“Kutai Kartanegara dan Bontang masing-masing satu orang serta Kabupaten Berau dua orang,” sebut Edith Hendartie.

Pertemuan THL dan Unit Reaksi Cepat (URC) dilaksanakan selama dua hari (18-19 Februari) diikuti 40 peserta. Nara sumber Kasubdit Kelembagaan dan Sumberdaya Keswan Ditkeswan Krisnan dan Direktur Keswan Kementan Ketut Diarmita. (yans/sul/hmsprov)

Berita Terkait