Kaltim Optimis 2017 Pembangunan Jalan Tol Selesai

 

 

Kaltim Optimis 2017 Pembangunan Jalan Tol Selesai

 

SAMARINDA – Kalimantan Timur optimis pembangunan jalan tol samarinda Balikpapan selesai dibangun dan siap opersional pada 2017. Keyakinan itu disampaikan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak, seiring dengan dukungan dari Pemerintah Pusat untuk pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda, melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Insyallah pembangunan jalan tol terus berjalan, sesuai dengan harapan  dan Menteri PUPR,  jalan tol di Kaltim dapat selesai pada 2017. Kita berharap mimpi ini bisa jadi kenyataan, untuk peningkatan infrastruktur di daerah ini,” kata Awang Faroek Ishak di Samarinda, belum lama ini.

Guna kelancaran program tersebut, Pemprov Kaltim berharap dukungan moril dari DPRD Kaltim. Artinya ada pernyataan dewan untuk mendukung pemerintah daerah menyelesaikan pembangunan jalan tol, sebagai salah satu kelengkapan infrastruktur di daerah ini. Dengan dukungan tersebut, pemerintah yakin akan memberikan motivasi tersendiri untuk melanjutkan rencana pembangunan jalan tersebut.

“Apabila ada pernyataan DPRD, saya yakin pemerintah mampu menyelesaikan semua program pembangunan infrastruktur yang telah direncanakan. Terbukti, dukungan untuk pembangunan jalan tol khususnya Paket V yang menghubungan kilometer 13 - Sepinggan Balikpapan mendapat respon dari investor luar negeri, yakni dari China,” jelasnya.

Bahkan dengan perjuangan Pemprov Kaltim,   ternyata lelang pengelolaan jalan tol diikuti 24 perusahaan, itu menandakan bahwa program yang dilaksanakan Pemprov Kaltim mendapat respon baik. Karena, program yang dibangun sangat menjanjikan peningkatan ekonomi masyarakat bahkan mampu memberi keuntungan pihak swasta ketika menanamkan investasi.

“Ini menunjukkan bahwa program yang dibangun laku atau jualan kita laku. Karena itu, saat ini Pemprov bersiap untuk melakukan pembebasan lahan, dari Samarinda ke Bontang, Bontang-Sangatta hingga ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Maloy, agar dapat dilintasi Jalan Tol,” jelasnya.

Meski demikian, Awang berharap apa yang dibangun semasa periode kepemimpinannya dapat dilanjutkan pemimpin Kaltim ke depan. Karena, program yang dibangun adalah program jangka panjang. Karena, program tersebut ke depan yang menikmati adalah bukan masyarakat saat ini tetapi anak cucu di masa datang.

“Saya bukan hanya haqul yakin tetapi ainul yakin bahwa program yang awalnya digroundbreaking akan berakhir dengan peresmian. Saya berharap kepada masyarakat, karena ini program jangka panjang, apabila ketika pemilihan gubernur nanti, pilihlah pemimpin yang mempunyai visi dan misi yang sama dengan yang telah kami bangun saat ini. Saya yakin pembangunan itu berlanjut,” jelasnya.

Awang menyampaikan ini, karena selain jalan tol, program pembangunan lainnya juga kini tengah dibangun. Mulai dari pembangunan bandara, pelabuhan internasional serta rel kereta api.(jay/sul/es/adv).

 

 
///FOTO : Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak berbincang dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono disela-sela penandatangan tindak lanjut pembangunan jalan tol di Kaltim.(samsul/humasprov)
Berita Terkait
Government Public Relation