Latihan Kewirausahaan Menyasar Semua Kabupaten/Kota

Peserta Dibekali Keterampilan dan Manajemen Analisa Usaha

 

SAMARINDA - Kegiatan pelatihan kewirausahaan bagi pemula yang digarap Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kaltim melalui Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengembangan Produktivitas Daerah (UPTD PPD) terus dilanjutkan ke sejumlah kabupaten dan kota. Sepanjang Mei ini pelatihan kewirausahaan bagi pemula ini telah dilakukan di Kota Balikpapan dan Bontang, serta Kabupaten Paser dan Penajam Paser Utara (PPU).

Pelatihan terbaru dilakukan di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Panajam Paser Utara (PPU) untuk Angkatan XI dan XII pada 18 - 23 Mei 2015. Sebelumnya pelatihan yang sama juga telah dilakukan di Kabupaten Berau, Kutai Timur dan Kutai Barat.

Kepala UPTD PPD Disnakertrans Kaltim, Hj Hetty mengungkapkan, pelatihan kewirausahaan bagi pemula ini akan terus dilakukan untuk membangkitkan semangat masyarakat Kaltim untuk hidup lebih produktif dengan berwirausaha.

"Selain dilatih dengan keterampilan membuat berbagai produk olahan dari potensi sumber daya lokal, masyarakat yang mengikuti pelatihan juga diberikan pengetahuan tentang  manajemen kewirausahaan dan achievement motivation training. Materi-materi ini untuk menambah kemampuan mereka agar bisa menjadi wirausahawan yang berkualitas dan produktif," kata Hetty.

Dalam pelatihan yang berlangsung selama sepekan itu, masyarakat tidak hanya diajarkan mengolah dan membuat produk olahan berbahan dasar tepung ubi, namun peserta juga diarahkan untuk dapat mengelola manajemen usaha dan melakukan analisa perhitungan usaha dengan baik.

Bekal pengetahuan materi ini juga diperlukan agar aktifitas kewirausahaan yang dilakukan menghasilkan produk yang memiliki nilai jual yang sudah diperhitungkan dengan baik sehingga tidak mengalami kerugian, tetapi sebaliknya mampu meraih keuntungan yang ideal.

Peserta pelatihan kewirausahaan bagi pemula untuk Angkatan XI berasal dari warga Kelurahan Sepaku, sementara Angkatan XII adalah warga dari Desa Sukaraja Kecamatan Sepaku. Untuk efektifitas proses pelatihan, maka setiap angkatan diikuti 20 peserta.

Tahun ini, UPTD PPD Disnakertrans Kaltim akan melatih sekitar dari 22 angkatan di semua kabupaten/kota di Kaltim. Pelaksanaan program ini sekaligus untuk mendukung program kerja Gubernur Awang Faroek Ishak dan Wagub Mukmin Faisyal mendorong kemandirian masyarakat dalam pembangunan ekonomi, salah satunya dengan menciptakan wirausahawan-wirausahawan baru di Kaltim dengan memanfaatkan berbagai potensi sumber daya lokal.  (sul/es/hmsprov)  

Berita Terkait
Government Public Relation