Lembaga Keuangan


SAMARINDA - Kaltim tidak dapat menggantungkan diri dengan potensi sumber daya alam (SDA)  migas  dan batubara,  tetapi perlu menggali potensi ekonomi unggulan baru dengan mendorong peningkatan nilai tambah melalui manufakturing dengan pembangunan kawasan-kawasan industri dengan pendekatan klaster industri.

Termasuk bagaimana mengembangkan sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di lingkungan masyarakat yang didukung SDM unggul dan berkualitas, agar mampu bertahan dalam krisis dan berkompetisi dalam persaingan ekonomi global.

"Oleh karena itu, diminta semua lembaga keuangan baik milik pemerintah maupun swasta, kiranya dapat mendukung dan mengembangkan UMKM dan koperasi dengan ikut membantu baik melalui pendidikan dan pelatihan berbagai usaha, maupun turut serta memberikan permodalan," kata Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak saat audensi dengan Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kaltim, Dwi Arianto, Jumat  (15/4).   

Pelaku UMKM  maupun koperasi harus mendapat dukungan maksimal dari berbagai pihak termasuk lembaga keuangan dan perbankan, baik dari segi permodalan maupun perlindungan terhadap kegiatan usaha yang dilakukan. 

“Maka dari itulah yang melandasi Kaltim, menerbitkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2012 tentang Pemberdayaan UMKM dan didukung lagi dengan Perda Nomor 9 Tahun 2012 tentang Pembentukan PT Jaminan Kredit Daerah (Jamkrida),” kata Gubernur.

Kedua Perda tersebut merupakan payung hukum untuk memberikan jaminan dan perlindungan serta pembinaan terhadap berbagai kegiatan UMKM di daerah ini.

Sementara itu, Ketua OJK Kaltim Dwi Ariyanto mengatakan pihaknya sangat pendukung program-program yang dilaksanakan Pemprov Kaltim termasuk pembangunan sektor UMKM dan koperasi akan menjadi perhatian OJK  Kaltim. Dia sependapat perbankan maupun industri keuangan non bank sangat mendukung dalam pengembangan UMKM.

"Semua harus bersinegri untuk mewujudkan perkembangan ekonomi daerah yang muaranya untuk kesejahteraan masyarakat Kaltim. Intinya OJK Kaltim  siap mendukung  semua program  yang dilaksanakan oleh Pemprov Kaltim," kata Dwi. (mar/sul/adv)

Berita Terkait
Government Public Relation