Manfaatkan Integrasi Sapi dan Kebun Sawit

Dukung Target Populasi Dua Juta Ekor Sapi

JAKARTA - Luas perkebunan sawit di Kaltim yang mencapai 1,2 juta hektare diharapkan bisa mendukung pencapaian program dua juta ekor sapi di Kaltim pada 2018. Integrasi sawit dan peternakan sapi dinilai sangat tepat untuk mewujudkan program mencapai populasi dua juta ekor sapi. 

"Untuk memenuhi program tersebut diharapkan perusahaan sawit memelihara tiga ekor sapi perhektare. Kalau 50 persen saja bisa terpenuhi, berarti akan ada sekitar 1,5 juta ekor sapi dari perkebunan sawit," kata Kepala Dinas Peternakan Kaltim Dadang Sudarya di sela-sela pembukaan Agrinex-Expo 2014  di Jakarta Convention Centre (JCC)  Jakarta, Jumat (28/3). 

Selain dari perkebunan sawit, program dua juta ekor sapi juga diharapkan mendapat dukungan dari sektor perbankan dengan kredit peternakan.  Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kaltim menyiapkan 250 ribu ekor dan  BRI 150 ribu ekor.  Dukungan perusahaan swasta melalui program community social responsibility (CSR) diharapkan bisa berkontribusi hingga ditargetkan mencapai 2  juta ekor sapi pada 2018.

"Perlu sinergitas antar instansi dan swasta, mengingat lahan di Kaltim masih luas untuk usaha peternakan," ujarnya. 

Keikusertaan Dinas Peternakan Kaltim dalam Agrinex-Expo adalah untuk memperkenalkan program tersebut kepada masyarakat. "Sudah ada investor yang menyatakan kesediaan mendukung program dua juta ekor sapi dan ada juga yang dalam tahap penjajakan," ujarnya. (sar/sul/es/hmsprov).

///FOTO : Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menyerahkan bantuan ternak sapi pada sejumlah kelompok tani, sebagai upaya mencapai target 2 juta ekor sapi pada 2018.(dok/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation