Mukmin Faisyal: Pengentasan Kemiskinan Salah Satu Program Prioritas

Rakornis Bidang Kesejahteraan Sosial

BERAU - Wakil  Gubernur Kaltim  HM Mukmin Faisyal   mengatakan, program prioritas pembangunan Kaltim  diarahkan pada penanganan masalah ketenagakerjaan, pendidikan, kesehatan dan pengentasan kemiskinan. 

“Kebijakan dan penangulangan kemiskinan dilakukan dengan penataan program  yakni penyempurnaan data Rumah Tangga Sasaran (RTS), sebagai basis data untuk perlindungan sosial, penyempurnaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM-Mandiri) yakni membangun dan memberdayakan masyarakat untuk mewujudkan pembangunan yang partisipasif,” kata Wagub HM Mukmin Faisyal saat membuka Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Bidang Kesejahteraan Sosial di Tanjung Redeb, Berau, Senin (24/2). 

Upaya lain yang telah dilakukan Pemprov Kaltim adalah memberdayakan penduduk miskin dengan membuka peluang dan kesempatan kerja terutama pada sektor ekonomi dan perdagangan, bantuan  modal usaha untuk usaha mikro kecil dan  menengah (UMKM),  koperasi, pelatihan tenaga kerja, membantu  permodalan dan keterampilan wirausahawan baru.

Melalui Rakornis ini lanjut Mukmin, diharapkan  mampu menggalang semua potensi khususnya pada upaya penangulangan permasalahan  sosial yang memerlukan dukungan dan pekerjaan ekstra berat, meliputi penangulangan bencana yang sering terjadi  di beberapa daerah di Kaltim. 

“Tentunya secara keseluruhan penangulangan bencana memerlukan dukungan dan kerjasama. Namun demikian tugas dan fungsi tersebut tidak akan optimal apabila tanpa dukungan dan kerjasama yang  baik dengan instansi  pemerintah baik pusat maupun daerah serta organisasi masyarakat lainnya,” ungkap Wagub.

Rakornis ini juga diharapkan, dapat menghasilkan rumusan kebijakan program-program strategis yang dapat diaplikasikan secara konkret di lapangan, sehingga  semua permasalahan sosial dapat ditangani dengan baik. Mengingat bidang sosial merupakan pekerjaan yang mulia sehingga perlu keterpaduan atau keselarasan semua pihak yang muaranya untuk mensejahterakan masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kaltim Hj Siti Rusmala Idrus mengatakan, Rakornis ini mengangkat tema sinergitas pembangunan kesejahteraan sosial menuju Kaltim Maju 2018. Rakornis juga dimaksudkan untuk menyamakan persepsi dan mensinergikan program pembangunan kesejahteraan sosial secara berkelanjutan. Serta memadukan program dan kegiatan pembangunan kesejahteraan sosial antar provinsi dan kabupaten/kota menuju Kaltim Maju 2018. 

Rakornis  digelar  mulai 23-26 Februari diikuti sekitar 100 peserta berasal dari Dinas Sosial Kaltim dan Dinas Sosial Kabupaten/Kota se-Kaltim, Badan Pusat Statistik (BPS), Bappeda Kaltim, BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan Wilayah Kaltim, forum komunikasi dan lembaga kemitraan serta Dinas Sosial dan instansi terkait dari Provinsi  Kaltara. 

Nampak hadir Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekprov Kaltim, H Bere Ali, Bupati Berau  H Makmur HAPK, serta Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos ZA Andi Dulung. (sar/sul/es/hmsprov).

////FOTO : Wakil  Gubernur Kaltim  HM Mukmin Faisyal (dua dari kanan) berbincang dengan Bupati Berau  H Makmur HAPK (kanan), Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekprov Kaltim, H Bere Ali (dua dari kiri), serta Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos ZA Andi Dulung (tiga dari kiri).(sarjono/humasprov kaltim)

 

Berita Terkait
Government Public Relation