Musyahrim: Bukti Pendidikan di Kaltim Merata

SMAN 1 Long Kali Paser Juara Cerdas Cermat

SAMARINDA - SMAN 1 Long Kali Kabupaten Paser berhasil meraih juara pertama  lomba cerdas cermat 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara 2014 untuk jenjang SLTA tingkat Provinsi Kaltim dan Kaltara yang dilaksanakan 27-30 Maret 2014. Juara kedua diraih SMA Vidatra Bontang dan SMAN 1 Tanjung Selor meraih juara ketiga.

Melihat hasil tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Kaltim H Musyahrim menilai, capaian ini menunjukkan bahwa program pendidikan di Kaltim dan Kaltara sudah merata. Juara lomba ini ternyata tidak lagi didominasi Balikpapan, Samarinda, Bontang dan Tarakan. 

“Ini bukti bahwa pendidikan di Kaltim sudah merata. Jadi, itu bagian dari contoh hasil nyata yang telah dilakukan Pemprov Kaltim untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan di masing-masing daerah selama lima tahun terakhir,” kata Musyahrim usai menutup lomba tersebut Minggu (30/3).

Menurut dia, prestasi yang diraih para juara lomba tidak mudah. Karena, peserta melakukannya mulai tingkat kecamatan, kabupaten/kota dan provinsi yang selanjutnya bagi juara pertama berhak untuk mengikuti lomba tingkat nasional yang dilaksanakan November tahun ini.

Dia menilai kabupaten/kota sangat antusias mengirimkan peserta untuk ajang tahunan ini, dimana hanya Kabupaten Malinau dan Kabupaten Mahakam Ulu yang tidak mengirimkan perwakilan.

“Jadi, seluruh kabupaten/kota turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Kami berharap dengan mengikuti lomba ini, seluruh peserta dapat mengamalkan makna dari 4 pilar kehidupan berbangsa dan bernegara, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika,” jelasnya.

Dengan mengamalkan 4 pilar tersebut, diharapkan generasi muda mendapat bekal  yang kuat sehingga tidak mudah terpengaruh dengan budaya negatif termasuk menjadi pengguna Narkoba, mabuk-mabukan hingga kebut-kebutan di jalan.

Pasalnya, generasi muda terutama usia SMA sangat rentan terpengaruh terhadap prilaku negatif, seperti penyalahgunaan Narkoba. “Diharapkan itu tidak terjadi dengan generasi Kaltim,” harap Musyahrim. (jay/sul/es/hmsprov)

 

Berita Terkait
Government Public Relation