Ormas dan LSM Merupakan Mitra Pemerintah

Kontrol Sosial Hingga Menjaga Keamanan dan Ketertiban Daerah

SAMARINDA – Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP mengimbau kepada Ormas (organisasi kemasyarakatan) dan LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) agar dapat melaksanakan tugas dan kewajiban dengan baik, terutama memelihara persatuan dan kesatuan bangsa dengan mengutamakan kepentingan nasional dan terwujudnya ketahanan nasional dalam bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, agama, dan budaya.

“Untuk menjaga kesatuan dan persatuan bangsa dan politik dalam negeri, diperlukan kerjasama antara pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota dengan Ormas dan lembaga nirlaba lain. Sehingga diharapkan peran sosial kontrol dapat dijalankan lebih maksimal,” kata Mukmin belum lama ini di Samarinda. 

Selain itu, lanjut dia, peran sosial Ormas dan lembaga nirlaba lainnya dalam pengawasan pembangunan dan negara hendaklah dilaksanakan dengan asas keterbukaan (transparansi), kepercayaan (trust), akuntabilitas, pengawasan (social control), dan harmonisasi, dengan tetap mengedepankan demokrasi terkonsolidasi, integrasi dan kokohnya NKRI.

Dijelaskan, kontrol sosial terhadap pemerintah yang dilakukan ormas dan LSM merupakan bentuk pertumbuhan kesadaran politik masyarakat. Karena, tanpa kesadaran politik masyarakat, demokrasi tidak akan berjalan sebagaimana mestinya. Terlebih, pada 9 Juli 2014 akan dilaksanakan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, yang merupakan ajang pesta demokrasi bagi rakyat Indonesia.

 “Kita berharap akan terjadi peningkatan partisipasi masyarakat dalam pemilu tersebut. Kita tidak ingin pada pemilu nanti muncul masalah seperti kecurangan dalam kampanye, pemungutan suara hingga penetapan pemenang. Partisipasi masyarakat bersama ormas dan LSM perlu terus ditingkatkan dan kita akan terus berupaya menekan terjadinya golput (golongan putih),”

Sehubungan dengan itu, kepada ormas, LSM dan masyarakat, Mukmin mengingatkan, agar dapat memelihara keamanan dan ketertiban, sehingga kondisi Kaltim yang aman dan kondusif hendaknya dapat terus terjaga dan terbina dengan baik.

“Di sisi lain, ormas dan LSM juga merupakan mitra pemerintah dan mendukung peran pemerintah dengan menjadi juru damai dan penjaga keamanan dari kemungkinan konflik-konflik antar kepentingan dalam masyarakat,” pesannya. (her/es/hmsprov).

////FOTO :  HM Mukmin Faisyal

Berita Terkait
Government Public Relation