Pembukaan MTQ Korpri Nasional 2016, Hiburan Kembang Api Diganti Lighting Show


 

SAMARINDA – Rencana awal pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) III Korpri Nasional 2016 yang akan dirangkai dengan hiburan kembang api, dibatalkan. Sebagai gantinyaakan akan digelar pertunjukan lampu laser atau lighting show.

Hal itu disampaikan Ketua Dewan Pengurus Korpri Kaltim Dr H Rusmadi saat memimpin rapat persiapan MTQ Korpri Nasional,  di Ruang Serbaguna Ruhui Rahayu, Kamis (27/10).

Menurut dia, pembatalan pertunjukan kembang api pada pembukaan MTQ itu tidak lain untuk menghilangkan kesan pesta dan kemeriahan. Apalagi, kondisi ekonomi masyarakat dan keuangan pemerintah mengalami pelemahan sehingga kesepakatan panitia penyelenggara maka pertunjukan kembang api dibatalkan.

Selain itu, ada anggapan dan penilaian masyarakat sangat negatif terhadap pertunjukan kembang api seolah-olah membuang bahkan hanya membakar uang. Namun demikian, panitia tetap berupaya memberikan suguhan yang menarik bagi masyarakat dan peserta MTQ pada malam pembukaan melalui pertunjukan laser.

“Kita ikut merasakan kondisi saat ini sehingga pertunjukan kembang api diganti lighting show. Sekaligus bagian kami melakukan efisiensi anggaran kegiatan,” ungkap Rusmadi. 

Dia menyebutkan MTQ akan diikuti 2.173 peserta dari 34 provinsi se-Indonesia dan penyelenggaraan akan dimulai sejak 12-19 November ini. Sementara itu seluruh kegiatan baik pembukaan dan penutupan serta lomba-lomba akan dipusatkan Masjid Baitul Muttaqien Komplek Islamic Center Kaltim.

“Banyak kegiatan yang kita revisi pada ajang abdi negara ini. Namun, tetap tidak mengurangi makna dan kemeriahan MTQ. Masyarakat harus ikut merasakan, menyaksikan dan menikmati even nasional di Samarinda ini,” harap Rusmadi. (yans/sul/es/humasprov)

Berita Terkait