Pemprov Kaltim Apresiasi Peran GOPTKI Sukseskan PAUD

 SAMARINDA- Pemerintah Provinsi Kaltim memberi apresiasi yang tinggi pada Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-kanak Indonesia (GOPTKI) Kaltim yang selama ini turut berpartisipasi menyukseskan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang hingga kini berkembang dengan baik.

  Sehubungan dengan itu. Sekprov Kaltim Dr H Rusmadi pada seminar PAUD dan Konferensi Daerah (Konferda) DPD GOPTKI  Kaltim yang berlangsung di Ruang Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim, Sabtu (12/3) mengatakan, GOPTKI perlu terus meningkatkan peranannya, tidak terkecuali melakukan terobosan dalam sistem pembelajaran pada anak didik.

“Diperlukan kiat-kiat tertentu dalam kegiatan belajar mengajar dalam rangka merangsang tumbuh kembangnya minat murid dalam menangkap suatu materi pelajaran dengan hasil yang baik,  serta peran orang tua dalam melakukan bimbingan dalam membentuk karakter anak yang berakhlak mulia," kata Sekprov Kaltim H Rusmadi saat membuka acara tersebut.

Dikatakan, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu upaya  pembinaan yang dilakukan melalui  pemberian ransangan  pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani  dan rohani agar anak memiliki  kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Dikatakan PAUD merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan  pada peletakan dasar  ke arah pertumbuhan dan perkembangan  fisik (motorik), kesadaran (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kesadaran spritual), sosio emosional (sikap dan prilaku serta agama) bahasa dan komunikasi.  Oleh karena itu, maka para guru harus mempunyai  kemampuan  teknik  mengajar yang benar.

Namun demikian, untuk penyelenggaraan pendidikan  khususnya PAUD tidak dapat dilakukan pemerintah semata, tetapi juga memerlukan dukungan semua pihak, khususnya para pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini tingkat play group maupun taman kanak-kanak dengan kegiatan belajar mengajar untuk mempersiapkan SDM yang profesional, handal dan berkualitas.

Diharapkan dengan cara dan teknik-teknik mengajar yang benar, maka pada akhirnya dapat membentuk  anak yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya,  serta memiliki  kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasar.

"Untuk itu saya harapkan, agar para guru PAUD dapat berpartisipasi membantu pemerintah menyukseskan penyelenggaraan pendidikan untuk anak usia dini yang selama ini  sudah berkembang dengan baik," kata Rusmadi. (mar/sul/hmsprov).

Berita Terkait
Government Public Relation