Pemprov Kaltim Dukung Pengembangan Agribisnis Santri


 

SAMARINDA - Pemprov Kaltim mendukung kegiatan pengembangan agribisnis melalui usaha-usaha yang dilakukan oleh para santri yang tergabung dalam Kontak Santri Agribisnis Indonesia (Konsain).

"Keberadaan Konsain patut kita berikan apresiasi yang tinggi, sebab keanggotaannya merupakan lembaga pendidikan, pondok pesantren, madrasah,  majelis taklim, mushola, ikatan alumni dan santri, lembaga dakwah dan sosial," kata Sekprov Kaltim Dr Rusmadi saat membuka  Silaturahmi Nasional Konsain ke-5, sekaligus pelantikan pengurus wilayah dan cabang Gerakan Pemuda Ansor Kaltim di Pondok Pesantren Syaicona Cholil Balikpapan, Minggu (30/10) malam.

Rusmadi menyampaikan bahwa pembangunan bidang pertanian dalam arti luas salah satunya yakni pembangunan agribisnis yang merupaan salah satu prioritas pembangunan di Kaltim. 

"Untuk mencapai sukses pembangunan pertanian, maka sangat diperlukan adanya program-program strategis yang langsung berdampak pada para petani, tidak terkecuali kepada para pelaku usaha agribisnis di kalangan pondok pesantren khususnya Konsain," katanya.

Lebih lanjut, Rusmadi menambahkan bahwa usaha agribisnis di Kaltim sudah menampakan kemajuan. Namun, secara umum masih perlu dikembangkan lebih kuat lagi, karena usaha agribisnis di masa depan akan banyak dihadapkan pada berbagai tantangan, kendala dan persaingan.

"Harapan kita semua, melalui Konsain dapat tumbuh dan berkembang kekuatan ekonomi umat yang muncul dari kalangan bawah. Semoga usaha-usaha yang ada dapat terus dikembangkan untuk penelitian kegiatan di pondok pesantren untuk kesejahteraan para santri dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat di sekitarnya," katanya.

Sementara itu, mengenai Gerakan Pemuda Ansor yang telah dilantik kepengurusannya, Rusmadi menyampaikan agar para pengurus Gerakan Pemuda Ansor untuk terus meningkatkan partisipasi aktif dalam pembangunan dengan memberikan program-program dan terobosan di segala bidang menuju masyarakat Kaltim yang sejahtera, makmur dan berkeadilan.

"Selamatkan generasi muda dari pengaruh buruk narkoba, kebodohan dan kemerosotan akhlak. Selain itu, kokohkan dan tingkatkan semangat persatuan dan kesatuan nasional di kalangan generasi muda dan kepada segenap lapisan masyarakat dalam rangka mewujudkan Kaltim yang kondusif, aman dan damai.

Dalam Silahturrahmi Nasional Konsain ke-5 sekaligus pelantikan pengurus wilayah dan cabang Gerakan Pemuda Ansor Kaltim ini, Rusmadi menerima penghargaan dari Gerakan Pemuda Ansor sebagai salah satu tokoh inspiratif di Kaltim.

Selain Sekprov Kaltim, acara juga dihadiri oleh Ketua Umum PP GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas, Ketua Umum DPP Konsain M. Ali Cholil, Walikota Samarinda Syaharie Jaang, Walikota Balikpapan Rizal Effendi, Bupati Penajam Paser Utara Yusran Aspar dan perwakilan dari TNI dan Polri. (rus/sul/es/humasprov).

Berita Terkait
Government Public Relation