Pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip


 

Awang ; Arsiparis Tingkatkan Kinerja

SAMARINDA – Guna meningkatkan komitmen seluruh aparatur negara dalam peningkatan kualitas penyelenggaraan kearsipan maka telah dicanangkan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) yang dilakukan Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi (PANRB)  Asman  Abnur.

Kaltim adalah satu-satunya daerah pertama di Indonesia yang menindaklanjuti komitmen Menteri PANRB dengan melakukan pencanangan GNSTA.

Selain pencanangan juga dilaksanakan penyerahan trofi ANRI Award 2016 dari Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak kepada Kepala Badan Arsip Daerah (BAD) Kaltim H Ardiansyah.

Kaltim telah mampu meraih juara pertama sebagai  Lembaga Kearsipan Daerah Provinsi Terbaik Nasional 2016 Wilayah I oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) pada 17 Agustus 2016.

Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak mengharapkan arsiparis maupun pelaksana kearsipan terus berupaya meningkatkan kinerja dan prestasinya.

“Terlebih lagi produksi  dokumen atau arsip-arsip tercipta semakin meningkat akibat kegiatan administrasi pemerintahan dan pembangunan,” katanya pada pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip di Halaman Kantor Gubernur, Senin (29/8).

  Menurut dia, dampak teknologi maju telah berpengaruh terhadap aspek perkembangan administrasi dan teknologi keamanan di dalamnya.

Kondisi ini, ujarnya menuntut kemampuan para pengelola kearsipan (arsiparis) agar lebih baik, terampil serta ahli dalam tata kelola arsip pemerintah daerah.

Sementara itu Kepala BAD Kaltim H Ardiansyah mengatakan pencanangan GNSTA untuk menggugah semua pihak agar lebih baik dalam tata kelola arsipnya.

“Gerakan ini guna mengingatkan kita semua baik jajaran pemerintah daerah, perusahaan atau swasta, sekolah maupun perguruan tinggi serta seluruh masyarakat agar sungung-sungguh dalam tata kelola arsipnya yang saat ini dinilai masih sekedarnya,” ujar Ardiansyah.

Pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip dilakukan Gubernur Awang Faroek Ishak dengan melakukan pemotongan pita balon didampingi Kepala BAD Kaltim H Ardiansyah serta disaksikan para asisten dan pimpinan SKPD lingkup Pemprov Kaltim.(yans/humasprov)

Berita Terkait